Aplikasi-Aplikasi Ini Bikin Baterai Ponsel Boros, Kamu Juga Pakai?

Aplikasi-Aplikasi Ini Bikin Baterai Ponsel Boros, Kamu Juga Pakai?
Aplikasi bikin baterai ponsel boros lumayan populer, lo. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Penelitian membuktikan kalau ada sejumlah aplikasi bikin baterai ponsel boros. Aplikasi-aplikasi ini cukup populer, lo. Apa saja, ya?

Inibaru.id – Zaman sekarang, hampir semua orang memegang ponsel pintar. Nah, meski secara teknologi lebih canggih, baterai ponsel pintar ini lebih boros dibandingkan ponsel jadul. Apalagi jika di ponselmu ada aplikasi bikin baterai ponsel boros. Apa saja, sih?

Seberapa lama sih baterai ponsel bisa bertahan? Kalau ponsel pintar modern, biasanya sih sekitar sehari semalam saja, ya Millens. Terkadang, baterai bahkan bisa habis lebih cepat sehingga kamu pun harus segera mencari pengisi daya. Padahal, baterai ponsel zaman dulu bisa bertahan hingga beberapa hari, lo.

Salah satu penyebab mengapa ponsel pintar lebih cepat habis baterainya tentu saja adalah banyaknya aplikasi yang digunakan. Menariknya, ada lo aplikasi yang bikin baterai ponsel jauh lebih cepat habis daripada aplikasi lain. Hal ini diungkap oleh perusahaan bernama pCloud.

Jadi gini, Millens, perusahaan ini menganalisis setidaknya 100 aplikasi yang cukup populer di kalangan pengguna ponsel pintar. Mereka mengecek seberapa cepat aplikasi-aplikasi ini bisa “memakan” daya baterai. Menariknya, aplikasi-aplikasi bersifat media sosial jadi yang paling banyak memiliki kemampuan ini.

Lantas, parameter seperti apa yang dicek untuk memastikan apakah aplikasi bisa menghabiskan daya baterai ponsel? pCloud mengecek penggunaan fungsi ponsel seperti kamera, GPS, mikrofon, koneksi, dan lain-lain. Setelahnya, aplikasi-aplikasi ini dibandingkan satu sama lain untuk menentukan seberapa besar potensinya membuat baterai ponsel pintar boros.

Sejumlah aplikasi memakai fungsi belakarang layar ponsel. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Sejumlah aplikasi memakai fungsi belakarang layar ponsel. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Hasilnya, dua aplikasi paling cepat bikin baterai ponsel pintar boros adalah Fitbit serta Verizon. Secara mengejutkan, aplikasi ini memakai 14 dari total 16 fungsi ponsel yang diperhitungkan. Dari 14 fungsi ini, 4 di antaranya memakan daya baterai paling besar, yakni kamera, GPS, mikrofon, serta koneksi Wi-Fi.

Di posisi ketiga ada aplikasi pemesan taksi daring Uber. Setelahnya ada Skype dan media sosial Facebook. Menariknya, dari 20 aplikasi yang dianggap paling bikin boros, ada aplikasi kencan serta media sosial yang sangat populer seperti Instagram, Whatsapp, dan Tinder. Dari semua media sosial ini, hanya Instagram yang punya pilihan Dark Mode yang bisa mengirit daya baterai.

Khusus untuk aplikasi kencan layaknya Tinder, dianggap sangat boros karena terus mengecek lokasi kamu lewat GPS di belakang layar. Aplikasi hiburan seperti Bigo Live, Snapchat, dan Youtube juga termasuk lumayan cepat bikin boros baterai, lo.

Nggak hanya memperhitungkan aplikasi yang bikin boros baterai, penelitian ini juga mengecek aplikasi apa saja yang boros memori internal ponsel. Yang jadi “juaranya” adalah United Airlines yang bisa memakan lebih dari 437 MB, Lyft dengan 325 MB, serta Uber dengan 299 MB.

Aplikasi-aplikasi untuk konferensi video seperti Zoom, Microsoft Teams, serta Skype yang banyak dipakai orang yang bekerja di rumah (WFH) juga lumayan menghabiskan memori internalmu, lo.

Dari daftar aplikasi bikin baterai ponsel boros ini, kamu pakai mana saja, Millens? (Det/IB09/E05)