Apa yang Boleh Dimakan dan Nggak Boleh Dimakan Pasien Isolasi Mandiri?

Apa yang Boleh Dimakan dan Nggak Boleh Dimakan Pasien Isolasi Mandiri?
Makanan yang boleh dimakan pasien isolasi mandiri (isoman) haruslah yang bergizi. (Flickr/ Dennis Sylvester Hurd)

Banyak pasien Covid-19 yang kini menjalani isolasi mandiri (isoman). Nah, biar cepat sembuh, mereka harus memperhatikan asupan makanannya. Apa yang boleh dimakan dan nggak boleh dimakan pasien isolasi mandiri, ya?

Inibaru.id – Kini, semakin banyak pasien Covid-19 yang harus menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah atau di bangunan selain fasilitas kesehatan. Hal ini disebabkan oleh penuhnya fasilitas-fasilitas kesehatan di Indonesia. Nah, biar cepat sembuh, apa yang boleh dimakan dan nggak boleh pasien isolasi mandiri harus benar-benar diperhatikan, lo.

Pasien isolasi mandiri memang diperlakukan berbeda dibandingkan dengan pasien yang dirawat di rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya. Meski diberi asupan obat, untuk urusan makanan, minuman, vitamin, dan waktu istirahat harus benar-benar diperhatikan sendiri beserta keluarga. Hal ini berarti, asupan makanan pun harus benar-benar diperhatikan.

Kalau menurut keterangan Dokter Gizi Klinik yang bekerja di Rumah Sakit Pondok Indah Jakarta Juwalita Surapsari, pasien Covid-19 nggak bisa disamakan dengan pasien flu atau batuk biasa. Hal ini disebabkan oleh adanya infeksi di dalam tubuh. Dia pun menyarankan asupan protein lebih tinggi agar tubuh bisa lebih baik dalam melawan infeksi tersebut.

“Pasien dianjurkan untuk selalu mengonsumsi karbohidrat, protein yang bisa diambil dari ikan, ayam, telur, daging, tahu, dan tempe,” terang Juwalita, Kamis (15/7/2021).

Selain itu, pasien isoman juga sangat disarankan mengonsumsi sayuran dan buah yang tinggi serat. Dengan memenuhi asupan serat, pencernaan bakal berada dalam kondisi baik dan akhirnya berimbas pada semakin kuatnya sistem imun tubuh. Di samping itu, buah dan sayuran tinggi vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan tubuh.

Nugget dan daging olahan nggak disarankan bagi pasien isoman karena mengganggu fungsi sistem imun tubuh. (Flickr/

Arnaud Dessein)
Nugget dan daging olahan nggak disarankan bagi pasien isoman karena mengganggu fungsi sistem imun tubuh. (Flickr/ Arnaud Dessein)

Tetap Harus Makan Meski Nggak Nafsu Makan

Banyak pasien Covid-19 yang kehilangan nafsu makan karena merasakan sensasi mual atau hilangnya kemampuan indera pengecap. Nah, meski begitu, pakar kesehatan menyarankan mereka untuk memaksakan diri tetap makan. Andai sulit untuk makan-makanan besar layaknya nasi dan lauknya, bisa mengonsumsi susu. Meski begitu, makan makanan besar jauh lebih direkomendasikan.

Selain makan-makanan sehat dengan kadar gizi yang seimbang, pasien isoman juga harus memenuhi asupan cairan harian. Jangan sampai mereka lupa untuk banyak minum karena tubuh juga membutuhkan cairan dalam jumlah banyak.

Makanan yang Harus Dihindari Pasien Isoman

Nah, ternyata, pasien isoman sangat nggak disarankan untuk mengonsumsi daging olahan layaknya sosis, nugget, kornet, atau bahkan smoke beef. Makanan-makanan ini tinggi kandungan lemak jenuh yang bisa mengganggu fungsi sistem imun tubuh. Andaipun ingin makan daging, sebaiknya mengonsumsi daging segar dengan mengolahnya menjadi sup ayam, olahan ikan, dan lain-lain.

Makanan tinggi gula seperti brownies, donat, cake, dan sejenisnya juga nggak disarankan untuk dikonsumsi terlalu banyak. Tapi, jika untuk dijadikan camilan saja, masih diperbolehkan. Asal, nggak membuat pasien makan dalam porsi besar dan terlalu sering.

Jadi, sudah tahu kan apa yang boleh dan nggak boleh dimakan pasien yang menjalani isolasi mandiri, Millens? (Lok/IB09/E05)