Apa yang Bikin Monstera King Lebih Mahal dari Monstera Biasa?

Apa yang Bikin Monstera King Lebih Mahal dari Monstera Biasa?
Daun monstera King atau deliciosa yang asli dapat tumbuh hingga satu meter. (Unsplash)

Disebut king karena monstera ini memiliki keistimewaan yang nggak bisa ditemukan pada monstera lainnya, termasuk pada "saudara kembarnya", monstera borsigiana. Sisi spesial ini pula yang membuatnya dihargai selangit.

Inibaru.id – Salah satu tanaman hias yang paling popular saat ini adalah monstera atau janda bolong. Tanaman ini memiliki daun yang unik sehingga cocok untuk mempercantik ruangan. Banyak pencinta tanaman yang rela mengeluarkan uang yang nggak sedikit demi mendapatkan tanaman ini.

Kalau kamu perhatikan, ada beberapa penjual yang menawarkan “Monstera King” dengan harga yang bervariasi mulai dari ratusan ribu hingga jutaan Rupiah. Bahkan ada monstera king dengan 7 helai daun yang dibanderol hingga puluhan juta Rupiah.

Banyak pedagang monstera king yang mengunggah gambar monstera deliciosa. Tapi, apakah keduanya sama? Ketika mencari gambar monstera king melalui mesin pencari, lagi-lagi gambar monstera deliciosa yang keluar.

Yap, monstera king yang belakangan banyak dicari itu juga dikenal dengan nama lain deliciosa. Monstera ini memiliki daun yang paling besar di antara monstera lainnya seperti adansonii (janda bolong), variegata, atau borsigiana. Mungkin banget ini yang menjadi alasan deliciosa disebut king.

Embel-embel “king” ini seolah meminta pemakluman soal harganya yang selangit. Benar nggak?

Ciri Monstera Deliciosa "King" Asli

Borsigiana, jenis monstera yang sekias mirip dengan deliciosa. (Gardentags)
Borsigiana, jenis monstera yang sekias mirip dengan deliciosa. (Gardentags)

Bagi orang awam, mungkin membedakan monstera biasa dan “king” cukup sulit. Memang, banyaknya jenis monstera di pasaran bisa bikin bingung. Berikut ini cara mengenalinya:

Cek Bagian Batang

Perhatikan ruas batang monstera yang mau kamu beli. Monstera King memiliki ruas batang pendek sehingga daun terlihat rapat. Jika jarak ruas batang daunnya lebih dari 10 sentimeter, ada kemungkinan tanaman itu bukan monstera deliciosa atau king asli. Kemudian, ujung gagang daun monstera deliciosa mempunyai sejumlah gerigi.

Gerigi ini yang membedakan deliciosa dengan borsigiana, monstera yang sering mengecoh calon pembeli karena memiliki kemiripan dengan king.

Gagang Daun

Asal kamu tahu, gagang daun monster deliciosa nggak bulat, tapi pipih. Kamu juga bisa mengetahui keaslian deliciosa dengan memencet gagang daunnya. Kalau pas dipegang terasa lembut, kemungkinan hanya monstera biasa.

Pasalnya, monstera king memiliki gagang daun yang keras dan nggak mudah cekung saat dipencet. Beda dengan Borsigiana yang lebih lunak sehingga akan merambat.

Tampilan Daun

Daun juga bisa menjadi petunjuk apakah itu monstera king atau biasa. Daun monstera deliciosa yang masih muda, nggak memiliki banyak lubang dan lubang tersebut belum menjadi daun yang terbelah.

Barulah ketika sudah dewasa, daun deliciosa terbelah dan nggak menyisakan lubang daun pada bagian tengah.

Selain itu, daun monstera king bisa tumbuh hingga satu meter saat dewasa. Sementara daun monstera lain yang tampilannya mirip nggak akan berkembang atau melebar. Jadi, hanya deliciosa yang memiliki keistimewaan ini.

Jadi, sudah tahu kan perbedaan monstera king dengan yang biasa? Jangan sampai tertipu oknum pedagang nakal ya, Millens! (Kom/IB21/E07)