Antara Harbolnas, Black Friday, dan Single Day

Di Indonesia ada Harbolnas, sementara di luar sana ada Black Friday dan Single Day. Apa yang membedakannya? Siapa yang niru-niru, nih?

Antara Harbolnas, Black Friday, dan Single Day
Harbolnas menjadi agenda akhir tahun paling dinanti di Indonesia. Pelbagai diskon menanti. (Grid.id)

Inibaru.id – Hai, Millens, selamat Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) ya! Mulai 12 Desember ini, diperkirakan akan ada 254 e-commerce yang bakal mendiskon barang dagangannya. Jadi, siapkan uangmu dan berbelanjalah, tapi jangan kebablasan! 

Nggak cuma di Indonesia, budaya diskon besar-besaran ternyata ada juga di luar negeri, lo. Ada "Black Friday" yang biasa diselenggarakan pasca-Hari Raya Thanksgiving November lalu. Selain itu, ada juga perayaan belanja daring selama sehari yang diselenggarakan perusahaan raksasa Alibaba di Tiongkok. Namanya "Single Day", diselenggarakan saban 11 November.

Apa yang membuat Black Friday dengan Single Day berbeda?

Okezone.com, Rabu (6/12/2017), menulis, Ketua Harbolnas 2017 Achmad Alkatiri mengatakan, ada perbedaan mendasar antara Harbolnas dengan pesta diskon lainnya, Millens.

Baca juga:
Ada Apa dengan Sebelas-Dua Belas?
Si Bapak yang Jualan Es Krim di Tengah Laut

"Black Friday adalah inisiatif penjual secara pribadi, sedangkan Single Day hanya dilakukan satu e-commerce saja. Sementara, Harbolnas adalah program yang diikuti ratusan toko daring secara serentak," ungkapnya.

Kena Tipu

Kendati sudah berjalan lima tahun, masih ada saja konsumen yang merasa tertipu dengan diskon abal-abal pada Harbolnas. Nah, untuk tahun ini panitia Harbolnas sengaja membuat persiapan khusus.

Pada kesempatan lain, Alkatiri mengatakan, panitia menyediakan pusat keluhan pelanggan jika sampai ada diskon abal-abal atau pelayanan yang nggak sesuai. Jadi kamu bisa menyampaikan keluhan lewat surat elekrtonik (surel). Dia menjanjikan penanganan selambatnya 48 jam.

“Sentimen negatif seperti barang palsu atau diskon palsu adalah salah satu aspek yang kami perhatikan dalam Harbolnas tahun ini. Bagi e-commerce yang terkena blacklist, hal ini tentu berpengaruh buruk bagi citra perusahaan,” terangnya.

Baca juga:
Berjuang dari Balik Kostum Babi
Unggahan Instagram Paling Diapresiasi Warganet Sepanjang 2017

Indra Yonathan dari Shopback juga memberikan tips untuk mendapatkan diskon terbaik pada Harbolnas kali ini, yakni dengan menunggu sampai pukul 24.00 karena pada saat itulah deal terbaik bisa kita dapatkan.

Sedikit tips dari Inibaru.id, jangan lupa mengecek reputasi penjual ya, Millens. Jika rate dan review-nya bagus, bolehlah buat belanja di situ. Barang datang, kita tenang. Ya, kan? (AW/GIL)