Antisipasi Virus Corona, Pemprov Jateng Siapkan 10 Rumah Sakit Ini Sebagai Rujukan

Antisipasi Virus Corona, Pemprov Jateng Siapkan 10 Rumah Sakit Ini Sebagai Rujukan
Ruang isolasi rumah sakit untuk menangani pasien virus corona. (Antara Foto)

Antisipasi kemungkinan kasus virus corona, Pemprov Jateng siapkan 10 rumah sakit sebagai rujukan. Berikut adalah rumah sakit-rumah sakit tersebut.

Inibaru.id – Merebaknya wabah virus corona memicu kekhawatiran banyak negara, termasuk Indonesia. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Jateng) pun nggak tinggal diam dengan hal ini. Nggak cuma menyiapkan berbagai langkah pencegahan di berbagai pintu masuk seperti bandara atau pelabuhan, Pemprov juga sudah menyiapkan 10 rumah sakit sebagai rujukan jika sampai ada kasus virus corona.

Media Indonesia, Senin (27/1/20) menulis, berbagai rumah sakit di Jawa Tengah yang bisa dijadikan rujukan kasus virus 2019-nCoV ini adalah RSUP Dr. Kariadi Semarang, RSUD Dr. Moewardi Solo, RSUD Tidar Magelang, RSUD Kraton Pekalongan, RSUD Margono, RSUD Kardinah dan beberapa rumah sakit yang ada di Banyumas, Kudus, Klaten, serta Kendal. Puluhan dokter akan disiagakan 24 jam demi mengantisipasi kemungkinan adanya kasus virus ini.

RSUP Dr. Kariadi juga sudah menyiapkan tenaga medis untuk menanganis pasien yang terpapar virus corona. Selain itu, sudah ada 16 ruang isolasi khusus sebagai tempat bagi pasien yang harus dirawat. Ruang isolasi ini ada di Gedung Rajawali lantai enam yang nggak bisa diakses sembarang orang.

“Ada 16 ruangan khusus dengan masing-masing dua tempat tidur untuk pasien dan ruang isolasi di lantai terpisah,” jelas Kepala Bidang Pelayanan Medis RSUP dr. Kariadi Semarang, Nurdopo Baskoro.

Nggak hanya menyiapkan ruangan, RSUP Dr. Kariadi juga sudah menyiapkan ratusan tenaga medis dan 23 dokter khusus untuk menangani pasien dengan virus corona. Pasien juga nantinya akan dibawa dengan armada ambulans khusus dan melewati lift khusus yang berbeda dari pasien lainnya demi mencegah penularan virus ke orang lain.

Isu Penderita Virus Corona di RSUP Dr. Kariadi

Senin (27/1) siang, seorang pasien yang diduga terkena virus corona datang ke RSUP dr. Kariadi Semarang. Sang pasien pun langsung ditangani di ruang isolasi demi mendapatkan pemeriksaan klinis.

Sang pasien datang pada pukul 12.00 WIB dengan keluhan flu berat dan terus mengeluarkan pilek. Dia datang sendiri tanpa ada orang yang mengantar. Hanya saja, saat diminta untuk mengecek kondisi kesehatan, sang pasien mengaku pernah pergi ke Tiongkok untuk urusan pendidikan.

“Mendengar dan melihat ada kasus wabah virus corona di China, pasien itu datang ke RSUP Dr. Kariadi Semarang minta periksa,” ucap Staf Humas RSUP Dr. Kariadi, Aditya Kandu Warenda.

Hal ini berarti, jika ada kabar yang menyebut sudah ada pasien yang positif virus corona di RSUP Dr. Kariadi, kabar ini belum bisa dipastikan benar karena sang pasien masih dalam tahapan pemeriksaan.

Semoga saja nggak ada kasus virus corona di Indonesia khususnya di Semarang dan Jawa Tenga ya, Millens? (IB09/E06)

Baca juga: Perjuangan Lintang, Atlet Freestyle Football Semarang Bagi Waktu Tuntut Ilmu dan Bantu Ortu