Antisipasi Mudik, PT KAI Siapkan Kereta Tambahan

Antisipasi Mudik, PT KAI Siapkan Kereta Tambahan
Transportasi Kereta Api. (Shopback)

Jumlah pemudik yang menggunakan kereta api diperkirakan naik. PT KAI dan Kemenhub pun menyiapkan kereta tambahan demi mengantisipasi hal ini.

Inibaru.id – Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan PT KAI memutuskan untuk menyiapkan kereta tambahan. Hal ini dilakukan demi mengantisipasi lonjakan penumpang kereta api saat arus mudik dan arus balik Lebaran 2019, 

Kemenhub memprediksi jumlah pengguna kereta api akan meningkat dari 6.236.227 orang pada 2018 menjadi 6.449.172 orang pada Lebaran tahun ini.

“Demi mengantisipasi tambahan penumpang saat Lebaran, kami siapkan KA tambahan, yakni dua KA ekonomi PSO, lima KA Ekonomi non PSO, dan masing-masing satu KA Bisnis, KA Ekonomi Premium, serta KA Eksekutif,” Ucap Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri dilansir laman Kompas, Sabtu (25/5/2019).

Selain menyiapkan kereta tambahan, Ditjen Perkeretaapian juga melakukan inspeksi angkutan Lebaran dengan memakai KA Inspeksi, baik itu di jalur lintas utara ataupun lintas selatan Jawa.

“Inspeksi ini digunakan untuk mengecek kesiapan prasarana perkeretaapian menjelang Lebaran 2019,” lanjutnya.

Salah satu bagian yang dicek Ditjen Perkeretaapian pada 1 April hingga Mei 2019 adalah rampcheck. Pengecekan ini diharapkan mampu meningkatkan keselamatan penumpang saat menggunakan sarana transportasi kereta api saat Lebaran. Selain itu, Kemenhub juga menyiapkan posko pemantauan arus mudik sejak 29 Mei hingga 13 Juni.

“Kami akan siapkan posko di pusat dan di balai demi pemantauan dan antisipasi. Jadi, kalau ada kejadian atau gangguan yang tidak diinginkan bisa segera ditangani dengan cepat,” kata Zulfikri.

Zulfikri juga berharap berbagai persiapan dan kelengkapan fasilitas yang disediakan Kemenhub dan PT KAI bisa membuat arus mudik dan arus balik Lebaran 2019 berjalan dengan lancar.

“Temanya kan ‘Mudik Bareng Asyik Lancar’. Semoga saja mudik Lebaran tahun ini bisa benar-benar lancar dan selamat sampai tujuan,” pungkasnya.

Millens mudik naik kereta atau alat transportasi lain nih? (IB09/E04)