Antisipasi Lonjakan Arus Mudik, PT Jasa Marga Tambah Gardu Tol

Antisipasi Lonjakan Arus Mudik, PT Jasa Marga Tambah Gardu Tol
PT Jasa Marga siapkan gardu tol tambahan di sepanjang Tol Trans Jawa. (Antara Foto/ Risky Andrianto)

Penyelenggara jasa jalan tol PT Jasa Marga (Persero) Tbk menambah sejumlah gardu di beberapa ruas Tol Trans Jawa. Hal ini dilakukan guna mengantisipasi lonjakan pemudik yang menggunakan jalan Tol.

Inibaru.id – PT Jasa Marga menambah sejumlah gardu pembayaran di sejumlah ruas Tol Trans Jawa. Penambahan ini guna mengantisipasi lonjakan arus mudik pada Lebaran 2019. Upaya ini sebenarnya sudah menjadi perhatian Jasa Marga sejak jauh hari.

Penambahan gardu diharapkan dapat menampung tingginya volume kendaraan yang akan masuk dan yang menggunakan jalan tol. Jika nanti ada lonjakan pengguna jalan, jumlah gardu diharapkan dapat mengatasi hal itu sehingga nggak ada antrean yang panjang.

Kendati begitu, Direktur Utama PT Jasa Marga Desi Arryani nggak menyebut berapa banyak gardu tol yang ditambah. Dia juga nggak merinci titik mana saja yang ditambah.

“Itu grafiknya sudah terpecah, sudah separuh-separuh. Ya sudah, satu lagi (soal) one way kita tunggu kebijakannya (Kementerian Perhubungan),” ujarnya seperti ditulis laman Kompas, Rabu (22/5/2019).

Desi mengimbau kepada para pemudik yang akan melintasi jalan tol supaya mewaspadai beberapa hal. Satu hal yang menjadi perhatian yakni menghindari kemacetan di gerbang tol dan rest area serta berhenti di bahu jalan tol.

Desi juga sudah memastikan infrastruktur dan rambu-rambu sudah siap 100 persen. Gimana Millens, sudah siap mudik lewat jalan tol? (IB24/E04)