Andre dan Rina Nose Dipolisikan Karena Lecehkan Marga Prilly Latuconsina

Andre dan Rina Nose Dipolisikan Karena Lecehkan Marga Prilly Latuconsina
Andre Taulany dan Rina Nose dikecam kelompok pemuda Maluku karena menghina marga Prilly Latuconsina (minews)

Bendahara Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Alex Belay mengecam pelecehan marga Prilly Latuconsina oleh Andre Taulany dan Rina Nose. Baginya, tindakan mereka menghina masyarakat Maluku. Nggak hanya dipolisikan, Andre dan Rina harus meminta maaf atau bahkan melakukan upacara adat demi menyelesaikannya.

Inibaru.id – Di sebuah acara bincang-bincang di salah stasiun televisi swasta yang berlangsung pada Minggu (17/5/2020), Andre Taulany dan Rina Nose mempelesetkan nama Prilly Latuconsina. Mereka mengganti nama belakang pemain sinetron ini dengan kata-kata lain. Sayangnya, candaan ini berujung pada pelaporan ke pihak kepolisian.

Seorang pelapor dengan marga yang sama dengan Prilly, Ruswan Latuconsina melaporkan kedua presenter ini ke Polda Metro Jaya pada Senin (18/5). Ruswan nggak terima marganya dihina.

"Iya, dari pihak keluarga dari Ambon juga sudah setuju untuk melaporkan ke polisi," terang Ruswan.

Selain dipolisikan, candaan Rina dan Andre ternyata juga dikecam oleh Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Maluku. Bendaraha KNPI, Alex Belay mengecam keras candaan ini. Nggak hanya terdapat unsur SARA, hal ini juga dianggap sebagai penghinaan mengingat marga adalah hal yang sakral dan dibanggakan.

“Bagi kami pemuda Maluku, itu satu bentuk pelecehan terhadap adat, suku kami, sebab marga bagi kami orang Maluku adalah sebuah kebanggaan yang bukan hanya sebagai simbolis, akan tetapi memiliki makna historis dari leluhur kami,” ujar Belay.

Belay pun meminta Andre dan Rina untuk datang ke Maluku. Nggak hanya untuk meminta maaf, mereka harus melakukan upacara adat untuk memulihkan marga yang mereka hina.

“Bila perlu dilakukan upacara adat sebagai bentuk permintaan maaf dalam memulihkan kembali nama marga Latuconsina secara benar kedudukannya. Jangan seenaknya mereka menyebut marga kami orang Maluku dibuat jadi bahan materi komedi. Itu hal yang salah karena sakral bagi kami Orang Maluku,” tambah Belay.

Latuconsina, nama belakang Prilly berasal dari Maluku. Marga di sana sangat dihargai dan nggak boleh dilecehkan. (lifepal)
Latuconsina, nama belakang Prilly berasal dari Maluku. Marga di sana sangat dihargai dan nggak boleh dilecehkan. (lifepal)

Prilly Latuconsina ikut angkat bicara terkait hal ini. Dia sebenarnya mengerti jika Rina dan Andre hanya bercanda dan tidak berniat melecehkan marganya. Hanya, keduanya sepertinya nggak mengerti kesakralan marga bagi orang Maluku. Dia pun memahami jika ada orang yang tersinggung dengan candaan tersebut.

“Cuma memang Latuconsina itu nama keluarga dan nama keluarga itu kan sakral, marga itu sakral dianggapnya jadi mungkin ada yang tersinggung,” kata Prilly.

Andre dan Rina sudah meminta maaf kepada Prilly. Hanya, warga Maluku, khususnya yang memiliki marga Latuconsina ternyata masih merasa belum mendapatkan permintaan maaf. Karena alasan inilah keduanya akhirnya dipolisikan.

Semoga saja masalah ini bisa cepat selesai, ya Millens. Kamu juga nggak boleh lagi sembarangan melecehkan marga atau budaya seseorang, ya? (N25/MG31/E07)