Anak Sakit Perut Sebelum Ujian? Mungkin Kena Psikosomatis
Sakit perut sebelum berangkat sekolah bukan berarti penyakit lo. (Thinkstock)

Anak Sakit Perut Sebelum Ujian? Mungkin Kena Psikosomatis

Bisa jadi sakit perut yang dialami anak setiap kali mau berangkat sekolah atau akan menghadapi ujian bukan merujuk pada suatu penyakit. Bisa saja kondisi tersebut timbul karena kecemasan. Biar nggak salah penanganan, yuk simak uraian berikut.

Inibaru.id - Mungkin ada beberapa anak-anak yang kadang mengeluh perutnya sakit sebelum berangkat ke sekolah atau setiap akan mengerjakan ujian. Bisa jadi sakit perut tersebut adalah psikosomatis atau gejala kecemasan yang sudah akut. Gejala ini sudah lumrah kok dialami para siswa. Jadi, orang tua nggak perlu terlalu khawatir.

Ada tips untuk mengenali gejala tersebut sekaligus cara mengatasinya.

Cari Penyebab Kecemasan yang Dialami Anak

Kalau anak nggak punya riwayat masalah perut, atau nggak habis makan makanan pedas, bisa jadi bukan penyakit melainkan psikosomatis. Kadang memasuki hal baru bisa bikin anak-anak cemas atau bahkan takut. Selain sakit perut, reaksinya bermacam, antara lain seperti keringat dingin, sakit kepala atau juga menangis.

Ajarkan Cara Mengenali

Anak juga perlu mengenali sumber dari munculnya sakit perut. Hal yang harus kamu ajarkan pada anak jika mengalami gejala tersebut adalah mengajaknya untuk berbaring di ruangan yang tenang lalu mendengarkan detak jantung dan mengatur pernapasan. Selain bisa menenangkan gejolak emosi, cara tersebut juga bisa meredakan tekanan darah.

Ajarkan Cara Mengatasi

Ada tiga cara yang bisa kamu gunakan untuk menangani permasalahan tersebut. Pertama ajarkan anak untuk bisa mengendalikan emosinya. Kedua, lebih banyak mengajak berbicara mengenai apa yang telah terjadi selama sehari itu, sehingga kamu bisa mengetahui apa yang sedang dia rasakan. Ketiga, jangan memarahi anak kalau mereka nggak bisa mengungkapkan apa yang dia rasakan.

Jika kamu nggak bisa menanganinya, sebaiknya kamu mendatangi psikolog. (IB28/E05)