Jajaran Anak Muda Indonesia Paling Berpengaruh di Asia Versi Majalah Forbes

Forbes kembali meluncurkan daftar 30 orang yang paling berpengaruh di dunia dengan umur di bawah umur 30 tahun. Tiga belas nama di antaranya berasal dari Indonesia. Wah, siapa saja ya?

Jajaran Anak Muda Indonesia Paling Berpengaruh di Asia Versi Majalah Forbes
Anak muda Indonesia masuk dalam jajaran orang berpengaruh di Asia. (Forbes.com)

Inibaru.id – Majalah Forbes kembali melansir “30 Under 30 Asia” pada Selasa (27/3/2018). Kali ini terlihat menarik karena belasan nama dalam daftar tersebut berasal dari Indonesia. Beberapa nama itu di antaranya Dian Pelangi, Brian Imanuel (Rich Brian), Fransiska Hadiwidjana dan sepuluh orang lainnya.

Desainer muda Indonesia Dian Pelangi masuk dalam dua kategori yaitu The Arts dan Celebrities. Perempuan asal Pekalongan ini terpilih menjadi salah seorang paling berpengaruh lantaran dianggap mampu membawa modernitas ke pasar mode. Dian tercatat memulai kariernya sejak berusia 18 tahun yakni pada ajang Jakarta Fashion Week.

Ada pula rapper muda Brian Imanuel (Rich Brian) yang menyabet tiga kategori yakni Entertainment & Sports, Celebrities, dan Youngest. Pemuda 18 tahun itu kini sukses berkarier di industri musik Amerika Serikat.

Selain dua nama itu, terdapat nama-nama lain yang memiliki prestasi hebat dengan usia di bawah 30 tahun seperti Fransiska Hadiwidjana yang masuk dalam kategori Retail & E-Commerce berkat kesuksesannya mendirikan Prelo. Pada umurnya yang masih 28 tahun, Fransiska juga masuk dalam daftar 10 entrepreneur teknologi perempuan di Asia Tenggara versi Forbes dan turut membidani lahirnya AugMI, sebuah startup biomedis yang berbasis di Silicon Valley, California, AS.

Ada juga nama duo co-founder Crowde Muhamad Risyad Ganis dan Yohanes Sugihtononugroho yang masuk kategori Social Entrepreneurs. Keberhasilan mereka mendirikan Crowde, sebuah platform penggalangan dana investasi bagi para petani di daerah melambungkan nama mereka di ranah internasional.

Nama selanjutnya yakni Iwan Kurniawan dan Reynold Wijaya, pendiri Modalku yang masuk kategori Finance & Venture Capital. Modalku merupakan platform peer-to-peer (P2P) lending yang beroperasi di Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Platform ini menghubungkan pelaku UMKM yang layak kredit dengan pemberi pinjaman yang mencari alternatif investasi melalui pasar digital.

Masih ada lagi nama-nama pengusaha muda Indonesia seperti pemilik bakery BEAU, Talita Setyadi serta kakak-adik pemilik puding Puyo Adrian Agus dan Eugenie Agus yang juga masuk dalam kategori The Arts bersama Dian Pelangi. Selain itu, ada pendiri Sale Stock Stanislaus Mahesworo Christandito Tandelilin serta pendiri Fabelio Krishnan Menon dan Marshall Utoyo yang masuk kategori Retail & E-Commerce.

Para inovator dan pengusaha muda ini masuk dalam 10 kategori orang paling berpengaruh versi Forbes karena dinilai mampu menciptakan industri baru dan mendorong perubahan positif di seluruh Asia-Pasifik. Wah, selamat bagi para nama yang tercantum dalam Forbes. Semoga bisa menginspirasi anak muda lainnya. (CUT/IF)