Anak Kecanduan Gawai? Laporkan Saja ke Sini!

Banyak orang tua yang nggak menyadari anaknya mengalami kecanduan gadget. Padahal, hal ini berpengaruh besar bagi kehidupan sosial dan perkembangan anak.

Anak Kecanduan Gawai? Laporkan Saja ke Sini!
anak kecanduan gadget (Inovasee.com)

Inibaru.id – Gawai kini memang telah berubah menjadi kebutuhan primer kita ya, Millens. Banyak yang sampai kecanduan gawai hingga mempengaruhi kehidupan sosialnya. Nggak cuma orang dewasa, saat ini semakin banyak anak yang juga ikut-ikutan kecanduan gawai.

Seperti ditulis Kompas.com, Jumat (19/1/2018), ada dua anak di Bondowoso, Jawa Timur yang sudah kecanduan gawai sehingga bisa marah, membanting benda-benda, atau menyakiti dirinya sendiri jika gawainya diambil. Keduanya kini dirawat di RSUD dr Koesnadi Bondowoso agar bisa lepas dari kecanduan ini.

Nah, Komisioner Bidang Pornografi dan Cybercrime Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Margaret Aliyatul Maimunah berharap kejadian itu jadi cermin bagi orang tua. Dia menginginkan orang tua lebih waspada dengan kebiasaan anak dalam bermain gawai. Kegemaran pada gawai bisa memicu kecanduan.

Baca juga:
Ketika Iklan dalam Baliho (Sengaja) Dibuat Terbalik
Kereta Pengangkut BBM Anjlok di Jalur Purwokerto-Kroya

Jika anak nggak bisa dilepaskan dari gawainya dan memilih untuk terus memainkannya alih-alih keluar dan bermain bersama dengan teman-temannya, ada baiknya segera melaporkannya ke KPAI. Siapapun bisa melapor ke kpai.go.id, via surel ke info@kpai.go.id, atau menghubungi nomor telepon (021) 21901556 untuk mendapatkan bantuan.

“Kami yakin masih banyak orang tua nggak sadar anaknya mencandu gawai dan itu termasuk kategori gangguan jiwa,” terang Margaret.

Pihaknya juga meminta orang tua lebih mengawasi anaknya setiap kali menggunakan gadget agar nggak kecanduan atau mengakses konten negatif. Lebih parah, jangan sampai anak menjadi korban kejahatan dunia maya yang memang banyak mengincar anak-anak.

KPAI juga meminta pemerintah untuk melakukan sosialisasi tentang literasi digital dengan lebih baik bagi seluruh masyarakat tanah air agar bisa menggunakan gawai dengan lebih bijak.

Baca juga:
Whatsapp Business Sudah Bisa Dipakai di Indonesia. Mau Coba?
Youtuber, Aturan Monetasi Kini Kian Ketat!

Khusus untuk dua anak yang dirawat di Bondowoso, KPAI mengapresiasi kesigapan pihak RSUD dr Koesnadi Bondowoso dalam menangani anak-anak agar bisa segera sembuh dari kecanduan gawai.

Hm, kalau kamu, sudah termasuk kecanduan gawai atau belum, Millens? (AW/GIL)