Ampuh! Bahan Alami untuk Menghilangkan Bau Amis di Tangan 

Ampuh! Bahan Alami untuk Menghilangkan Bau Amis di Tangan 
Sehabis mengolah ikan biasanya tangan menjadi amis. (Shutterstock/Prarinya via Kompas)

Bau amis yang membandel memang bikin bete. Meski tangan sudah digosok dengan sabun berkali-kali, masih saja menempel. Kalau sudah begini, coba deh bahan alami berikut untuk menghilangkannya.

Inibaru.id – Umumnya, bau amis berasal dari ikan atau daging. Selain peralatan makan dan masak, seringnya bau amis menempel di tangan. Meski sudah digosok dengan sabun dan air, bau ini membandel.

Buat kamu yang sebal sehabis mengolah ikan gara-gara bau amis, berikut ini tips menghilangkannya dengan bahan alami. Sebelumnya, kamu perlu tahu apa yang menyebabkan bau amis sulit hilang, Millens.

Jadi, penyebab bau amis adalah bakteri dan enzim ikan yang mengubah Trimethylamine Oxide (TMAO) menjadi Trimethylamine (TMA). Untuk menghilangkan bau amis ini, TMA harus dapat mengikat air dan membuatnya nggak stabil. Dengan begitu, bau amis perlahan-lahan akan hilang.

Bahan Alami Penghilang Bau Amis

1. Pasta Gigi

Pasta gigi bisa membuat tangan segar dan menghilangkan amis. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)
Pasta gigi bisa membuat tangan segar dan menghilangkan amis. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Banyak ahli restoran seafood merekomendasikan trik ini. Selain bikin gigi dan mulut bersih, pasta gigi juga dapat menghilangkan bau amis di tangan dan kulit. Cukup sikat bagian telapak dan punggung tangan, kemudian bilas dengan air hangat.

2. Cuci Tangan dengan Air Dingin Dulu

Biar bau amis nggak menempel, ada baiknya kamu mencuci tangan dengan air dingin lebih dulu. Baru deh cuci tangan dengan air sabun hangat. Eits, jangan terbalik ya. Kalau kamu mencuci dengan air hangat terlebih dahulu, bau amis bakal nempel lebih lama lo.

3. Bubuk Arang

Cara lain menghilangkan bau amis pada tangan adalah dengan bubuk arang. Cara ini sudah terbukti sejak zaman dulu. Cara menggunakannya sangat mudah. Cukup oleskan bubuk arang secukupnya pada tangan yang amis, kemudian gosok perlahan selama 5 menit.

Setelah hilang, bilas dengan air campuran sabun cuci piring. Selain digunakan untuk membebaskan tangan dari bau amis, bubuk arang juga bisa membersihkan piring, talenan pisau, dan alat dapur lainnya.

4. Gunakan Air Jeruk Nipis atau Lemon

Jeruk nipis atau jeruk lemon dapat digunakan untuk menghilangkan bau amis di tangan. (Magiclean)
Jeruk nipis atau jeruk lemon dapat digunakan untuk menghilangkan bau amis di tangan. (Magiclean)

Bahan alami yang sejak dahulu kala dipercaya sebagai penghilang bau amis adalah air jeruk, baik itu lemon maupun jeruk nipis. Hal ini karena kedua jenis jeruk tersebut mempunyai wangi yang tajam, sehingga bisa menutupi bau amis di tangan.

Namun, kamu sebaiknya tetap mencuci tangan dengan sabun terlebih dahulu sebelum menggunakan air jeruk.

5. Garam

Bukan cuma buat memasak, garam juga bisa lo digunakan untuk menghilangkan bau amis yang membandel. Caranya, ambil satu sendok garam, gosok pada telapak tangan, kemudian bilas dengan air dan sabun cuci tangan.

Selain itu, garam juga dapat merelaksasi bagian tubuh yang sedang sakit lo. Caranya mudah kok, kamu tinggal merendam kaki pada air garam hangat.

6. Daun Kemangi

Siapa sangka, lalapan yang memiliki rasa dan aroma khas ini bisa digunakan untuk menghilangkan bau amis. Salah satu sebab mengapa daun kemangi selalu ada dalam sajian seafood adalah kemampuannya menutupi bau amis atau aroma sambal. Mulut jadi lebih segar dan wangi deh usai makan daun kemangi.

Karena itu, kamu bisa mencoba menghilangkan bau amis pada tangan dengan daun kemangi ini. Cukup dengan menggosokkannya secara merata pada tangan kemudian bilas dengan sabun dan air. Peralatan masak juga ikut amis? Tenang, kamu juga bisa membersihkannya dengan daun basil ini.

Jika cara ini kurang berhasil pada peralatan masak, rendam dulu dengan air hangat yang telah dicampur daun kemangi selama 10-20 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

Itu dia beberapa bahan alami yang dapat menghilangkan bau amis pada tangan. Kalau kamu menghilangkan bau amis dengan bahan apa nih, Millens? (Pop/IB21/E07)