Suhu Dingin Ekstrem Landa Daratan Amerika

Suhu Dingin Ekstrem Landa Daratan Amerika
Air Terjun Niagara Membeku. (CBC)

Dilanda hujan salju dan suhu dingin, sejumlah wilayah Amerika membeku termasuk air terjun Niagara. Selain wilayah yang membeku, kondisi ekstrem ini juga menimbulkan korban tewas.

Inibaru.id – Sejak Kamis (31/1/2019), hampir seluruh daratan Amerika Serikat dilanda suhu terdingin hingga mencapai -60 derajat Celcius. Para pejabat menyatakan suhu di bawah titik beku ini melanda sekitar 85 persen wilayah Amerika kecuali Alaska dan Hawaii.

Di Moline, Illinois, suhu turun hingga ke -36 derajat Celcius pada hari Kamis (31/1). Sementara Norris Camp, Minnesota, menjadi wilayah paling dingin di Bumi karena suhunya turun hingga -44 derajat Celcius pada Rabu (30/1). Di Grand Chute, Wisconsin, sepanci air mendidih yang dilempar ke udara langsung menjadi awan salju.

Dikutip Voaindonesia.com, Kamis (31/1), para pakar meteorologi menyebut cuaca dingin ini diakibatkan polar vortex atau pusaran kutub. Udara dingin di atas Kutub Utara itu bergerak ke Selatan melintasi Amerika Utara karena dorongan panas gurun dari Afrika Utara.

Akibat cuaca dingin ekstrem ini, Air Terjun Niagara dan Danau Michigan pun membeku. Pembekuan Air Terjun Niagara dan Danau Michigan terjadi sejak Selasa (29/1), ketika suhu mencapai -18 derajat Celcius.

Saking ekstremnya, baru-baru ini pemerintah AS mengatakan sebanyak 11 orang di wilayahnya meninggal dunia. Salah satu korban meninggal adalah seorang mahasiswa di University of Iowa di Iowa City yang dinyatakan meninggal di rumah sakit setelah ditemukan dengan keadaan membeku -46 derajat Celcius.

Selain memakan korban, kondisi cuaca ini juga menjadi gangguan ekonomi terbesar Amerika Serikat setelah badai Sandy pada 2012 silam. Beberapa perusahaan di Amerika memilih tutup untuk melindungi para pekerja dan menghemat energi. Termasuk industri penerbangan yang membatalkan setidaknya 20 ribu jadwal dengan kerugian mencapai 100 juta dolar AS.

Kendati demikian, menurut prakirawan cuaca, suhu di wilayah bagian tengah hingga pantai timur Amerika akan kembali naik antara 4 hingga sekitar 10 derajat Celcius.

Semoga suhu udara di Amerika kembali normal ya, Millens. (IB07/E04)