Amalan Utama Malam Lailatul Qadar dan Ciri Orang yang Mendapatkannya

Amalan Utama Malam Lailatul Qadar dan Ciri Orang yang Mendapatkannya
Mendapatkan Lailatul Qadar. (Elsihasmi)

Lailatul Qadar menjadi malam yang paling dinanti oleh umat Islam di bulan Ramadan yang penuh berkah ini. Eits, kamu sudah tahu belum amalan utama yang wajib dilakukan pada malam ini?  Yuk, cek!

Inibaru.id – Malam Lailatul Qadar menjadi malam paling utama di bulan Ramadan. Pahala yang didapat ketika seseorang mengerjakan suatu amalan tertentu senilai dengan 1.000 bulan atau 83 tahun. Nggak heran malam ini diburu kedatangannya di sepuluh hari terakhir Ramadan. Waktu tepatnya dirahasiakan agar umat Islam tambah memperbanyak amalan.

Ustaz Abdul Somad menjelaskan, ketika malam Lailatul Qadar tiba, di waktu siang seseorang wajib melakukan amal baik dari menahan otak, tangan, kaki, telinga, dan mata. Di malam hari, setelah salat tarawih dan witir dilaksanakan, ustaz yang kerap disapa UAS tersebut menyarankan segera tidur lebih cepat atau sebelum pukul 22.00, agar bisa bangun tepat untuk ibadah malam.

“Jam 3 bangun. Lalu salat tahajud,” kata UAS dalam video berjudul Amalan Terbaik di Bulan Ramadhan agar Mendapatkan Malam Lailatul Qadar.

Perbanyak amalan baik untuk mendapat Lailatul Qadar. (Antara/M Risyal Hidayat)<br>
Perbanyak amalan baik untuk mendapat Lailatul Qadar. (Antara/M Risyal Hidayat)

UAS melanjutkan, usai salat seseorang harus memperbanyak istighfar pada Allah. Berbuat baik dari malam pertama hingga malam terakhir Ramadan juga akan memperbesar peluang seseorang mendapatkan Lailatul Qadar yang dijanjikan.

Sementara itu, Amalan yang bisa kamu lakukan menurut Ustaz Adi Hidayat dalam video kultum YouTube Channel berjudul Rahasia Lailatur Qadr’ yaitu dengan membaca Alquran. Pahalanya setara dengan kamu membaca hingga Alquran 83 tahun.

"Meski hanya membaca satu huruf misalnya 'Nun', lalu dia tertidur karena mengantuk, orang itu berarti membaca 'Nun' 83 tahun tanpa henti," terang Ustaz Adi Hidayat.

Tanda orang yang mendapatkan Lailatul Qadar terlihat dijelaskan pula oleh UAS lewat sebuah cerita. Seorang laki-laki terbangun dari tidur pulasnya di suatu malam. Saat dia pergi ke sungai untuk mengambil wudu, ada pohon kelapa yang bertumbangan. Lalu air yang dia gunakan untuk wudu terasa membeku seperti es batu. Dia langsung ingat jika malam tersebut adalah Lailatul Qadar.

Perbanyak zikir dan membaca Al Quran. (Madaninews)
Perbanyak zikir dan membaca Al Quran. (Madaninews)

Kemudian orang tersebut berdoa agar keponakannya menjadi salah satu dari wali-Nya. Doa tersebut pun diwujudkan, sang keponakan yang bernama khatib Sambas itu pun menjadi wali Allah di Kalimantan Barat. Cerita ini menunjukkan, doa orang yang mendapat Lailatul Qadar memiliki peluang besar terwujud.

Tanda lain bahwa seseorang mendapat Lailatul Qadar yaitu dengan berubahnya sifat seseorang yang buruk menjadi lebih baik.

"Misalnya ada orang yang cerita, Ustaz, dulu bapak itu dulunya pelit, setelah Ramadan dia jadi baik," tutur UAS.

Nah, jangan sia-siakan datangnya malam Lailatul Qadar ya, Millens. Kamu bisa mempersiapkannya dengan melakukan amalan-amalan baik setiap hari! (Det/MG26/E07)