Sering Susah Tidur? Coba Cari Tahu Alasannya Berikut

Sering Susah Tidur? Coba Cari Tahu Alasannya Berikut
Alasan-alasan seseorang susah tidur. (Chronobiology)

Berbagai cara sudah dilakukan seperti berada di kasur lebih awal atau nggak minum kopi sebelumnya tapi masih saja susah tidur. Kenapa, ya?

Inibaru.id – Susah tidur di malam hari memang hal yang nggak menyenangkan. Terlebih lagi kalau esoknya masih harus bangun pagi dan melakukan aktivitas, suasana hati bakal berantakan deh. Selain itu, kesehatan tubuh juga terganggu.

Namun, susah tidur juga bukan tanpa sebab, Millens. Ada berbagai hal yang bisa membuatmu susah memejamkan mata. Dikutip dari Reader’s Digest (28/2/2018), setidaknya ada delapan alasan yang membuatmu sulit tidur di malam hari. Berikut ulasannya.

Banyak Kerja Sebelum Tidur

Menurut National Sleep Foundation, Amerika Serikat, sekitar 60 persen orang melakukan pekerjaan rumah sebelum tidur. Hal tersebut dapat mempengaruhi pola tidur karena kamu nggak memberi kesempatan tubuh untuk menurunkan kinerjanya dan memberikan kesempatan untuk tidur.

Depresi

Terkadang, depresi membuatmu merasa lelah sampai pengin tidur seharian. Namun, ada kalanya depresi malah membuatmu nggak bisa tidur sama sekali di malam hari.

Perubahan Hormon

Hormon yang berubah juga bisa mengakibatkan susah tidur. Perubahan hormon biasanya terjadi saat masa-masa reproduksi. Kehamilan juga mengakibatkan hormon meningkat. Jadi, nggak heran kalau perempuan hamil apalagi yang sudah mencapaai trimester sering sulit tidur.

Tidur Siang

Tidur siang terlalu lama juga bisa membuatmu di malam hari. Boleh-boleh saja kok tidur di siang hari. Namun, durasinya jangan terlalu lama, sekitar 30 menit saja sudah cukup.

Merokok

Merokok juga jadi salah satu penyebab susah tidur. Ini karena kandungan nikotin pada rokok bekerja sebagai stimulan yang membuatmu terjaga lebih lama.

Kecanduan Teknologi

Pernah nggak sih sudah ngantuk terus main ponsel sebentar, eh malah susah tidur? Yap, kecanduan teknologi juga jadi salah satu penyebab seseorang susah tidur. Jadi, alangkah baiknya kalau kamu menjauhkan ponsel saat sudah waktu tidur.

Terlalu Banyak Konsumsi Kafein

Kebiasaan mengonsumsi kafein bisa membuatmu susah tidur di malam hari. Hal ini buruk bagi kesehatan karena bisa mengganggu proses dalam tubuh.

Mengacuhkan Jam Biologis

Tetap bangun di malam Sabtu dan tidur hingga siang saat Minggu akan mengacaukan jam biologismu. Hal kecil seperti ini bisa mengganggu jam tidurmu di hari-hari selanjutnya.

Nah, kalau kamu pengin tidur lebih cepat, hindari hal-hal di atas ya, Millens. (IB24/E04)