Alami Penyakit Langka, Perempuan di India Nangis Darah Saat Menstruasi

Alami Penyakit Langka, Perempuan di India Nangis Darah Saat Menstruasi
Perempuan India mengeluarkan darah saat menstruasi. (iStockphoto)

Kondisi langka dialami oleh seorang perempuan di India. Dia mengalami nangis darah saat menstruasi. Hal ini tentu sangat mengerikan, bukan? Apa ya penyebab dari hal ini?

Inibaru.id - Fenomena aneh terjadi pada seorang perempuan berusia 25 tahun di India. Dia selalu nangis darah saat sedang menstrusai. Dokter di rumah sakit Kota Chandiargh pun bingung dengan kondisi ini. Yang lebih mengherankan, perempuan ini nggak merasakan sakit sama sekali meski sudah mengalaminya selama sekitar satu bulan.

Dokter semakin bingung saat hasil pemeriksaan justru menunjukkan kalau sang perempuan sama sekali nggak mengalami masalah kesehatan. Riwayat kesehatan keluarganya juga nggak ada yang mengalami perdarahan pada mata atau pecah pembuluh darah.

Pemeriksaan lebih lanjut bahkan menemukan fakta mengejutkan lain. Fenomena misterius yang dialami perempuan itu ternyata terjadi hanya saat masa menstruasi saja. Dokter akhirnya mendiagnosis kalau dia mengalami kondisi langka bernama ocular vicarious menstruation atau yang bisa juga diartikan menstruasi dari mata.

Berdasarkan peneilitan, perempuan itu mengalami perdarahan bulanan lewat lubang di seluruh tubuh, termasuk di luar rongga rahim. Perdarahan bisa terjadi dari saluran ke paru-paru, ginjal, mulut, perut, hidung, telinga, atau mata. Fenomena langka ini membuat sang perempuan jadi subjek studi kasus yang diterbitkan oleh British Medical Journal pada 9 Maret 2021 lalu.

Gara-gara fenomena ini, sang perempuan harus mengkonsumsi pil kontrasepsi kombinasi oral seperti estrogen dan progesterone selama tiga bulan. Diharapkan, hal ini bisa mengurangi darah yang keluar bersama dengan air mata. Jika cara ini sukses, ke depannya bisa jadi solusi pengobatan bagi perempuan-perempuan lain yang mengalami masalah yang sama.

Dokter mendiagnosis penyakit ini dengan nama cular vicarious menstruation. (Locita)<br>
Dokter mendiagnosis penyakit ini dengan nama cular vicarious menstruation. (Locita)

Kasus Serupa Ternyata Pernah Terjadi

Kasus serupa ternyata pernah terjadi sebelumnya. Pada 1913, ada seorang perempuan di Roswell, New Mexico, Amerika Serikat yang mengalami perdarahan di borok kaki. Perdarahan ini akan semakin parah saat menstruasi.

Yang lebih aneh, usai melahirkan, fenomena ini menghilang. Meski begitu, menurut dokter yang menanganinya, kehamilan sang perempuan penuh dengan berbagai macam kesulitan dan masalah.

Kasus lain juga pernah terjadi di Inggris pada 2016. Seorang perempuan muda bernama Marnie Ray malah mengeluarkan darah dari telinga, hidung, mulut, kulit kepala, dan kuku. Perdarahan ini akan semakin memburuk ketika masa menstruasi tiba.

Wah, ngeri juga ya Millens kalau ada perempuan yang nangis darah saat menstruasi. (Vic/IB28/E07)