Usai Erupsi, Aktivitas Sekolah di Sekitar Tangkuban Perahu Tetap Normal

Usai Erupsi, Aktivitas Sekolah di Sekitar Tangkuban Perahu Tetap Normal
Erupsi Gunung Tangkuban Perahu. (Minews)

Pasca erupsi Gunung Tangkuban Perahu pada Jumat (26/7/2019) sore, aktivitas warga di sekitar gunung tersebut tetap normal.

Inibaru.id – Pascaletusan Gunung Tangkuban Perahu, aktivitas masyarakat di kawasan Ciater, Subang, Jawa Barat tetap normal. Masyarakat tetap menjalankan aktivitas seperti biasa. Bahkan, aktivitas belajar mengajar di sekolah juga berjalan seperti biasa.

Laman Detik, Sabtu (27/7/2019) menulis, guru SD Negeri Ciater Ida Widaningsih menyebut siswanya tetap berangkat ke sekolah untuk mengikuti kegiatan belajar.

“Berjalan seperti biasa. Aktivitas belajar mengajar sama sekali nggak terkendala apapun. Situasi di sini juga aman-aman saja,” ucap Ida di sela-sela kegiatan mengajarnya.

Meskipun begitu, masyarakat, siswa, dan para guru mengaku cukup khawatir dengan letusan salah satu gunung yang dikenal luas sebagai tempat wisata ini. Apalagi lokasi mereka tinggal hanyalah berjarak sekitar 5 kilometer dari Kawah Gunung Tangkuban Perahu sehingga lebih riskan.

“Kami khawatir akan terjadi letusan lagi, sampai nggak bisa tidur semalaman,” ucap salah satu orang tua murid di SD N Ciater Safitri.

Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Kemen ESDM) hingga saat ini masih melakukan pemantauan aktivitas Gunung Tangkuban Parahu. Warga diminta untuk menjauh dari radius 500 m dari bibir kawah Ratu.

Aparat keamanan sudah menutup jalan menuju kawah. Kementerian ESDM juga sudah melakukan komunikasi dengan media demi meluruskan berbagai berita yang nggak benar.

Sementara itu, berdasarkan pantuan Badan Geologi pada pukul 07.00 WIB, Gunung Tangkuban Perahu masih berada di level satu. Dari puncak, masih terlihat asap kawah berwarna putih yang tipis dengan tinggi 50 meter.

“Masih terjadi kegempaan, tepatnya 4 kali gempa hembusan, namun aktivitas kegempaannya sudah mengalami penurunan,” ungkap Badan Geologi.

Letusan Gunung Tangkuban Perahu memang cukup mengejutkan, ya Millens. Semoga saja kondisi pariwisata di tempat tersebut bisa segera pulih kembali. (IB09/E04)