Pakai Gawai Berlebihan Riskan Rusak Otak Anak-anak dan Remaja

Anak rewel dikit langsung dikasih gawai? Hati-hati ya, karena ternyata main gawai berlebihan bisa merusak kesehatan otak.

Pakai Gawai Berlebihan Riskan Rusak Otak Anak-anak dan Remaja
Ternyata bermain gadget bisa bikin otak rusak. (republika/Ichsan Emrald Alamsyah)

Inibaru.id – Baik secara metal maupun fisik, penggunaan gawai yang berlebihan dapat memberikan dampak buruk bagi seseorang. Bahkan dikatakan dapat merusak mental anak usia dini.

Penggunaan gadget secara berlebihan dapat membuat seseorang sulit bersosialisasi. Nggak hanya itu, gawai juga bisa menghambat aktivitas fisik yang berpengaruh pada pertumbuhan Prefrontal cortex, bagian kecil yang berada di otak depan.

Prefrontal cortex berperan dalam menentukan kemampuan kognitif, mengambil keputusan, bersosialisasi serta mengembangkan kepribadian. Agar Prefrontal cortex dapat berkembang dengan baik, diperlukan endorphin yang nggak bisa didapatkan oleh anak usia remaja saat bermain gadget.

Endorphin dihasilkan dari keseimbangan hormon kortisol yang berfungsi menekan stres, dopamine untuk mengontrol emosi, dan gen DCC (Deleted In Colon Cancer) yang berpengaruh pada perkembangan mental.

Apabila dopamine terlalu tinggi akan membuat seseorang menjadi gila. Jika terlalu rendah dapat menyebabkan parkinson. Sedangkan jika gen DCC terlalu tinggi maka dapat memicu kanker usus besar dan perkembangan mental.

Nah, keseimbangan ketiga hal tersebut bisa didapatkan melalui aktivitas fisik dan pola hidup sehat. Perbanyak aktivitas fisik dan seimbangkan dengan istirahat. (IB30/E05)