Akhir Pertandingan Catur 'Live' dengan Dewa Kipas, GM Irene Menang Telak

Akhir Pertandingan Catur 'Live' dengan Dewa Kipas, GM Irene Menang Telak
Pertandingan catur GM Irene vs Dewa Kipas. (Tangkapan layar podcast Close The Door Deddy Corbuzier)

Pertandingan catur antara GM Irene vs Dewa Kipas alias Dadang Subur diadakan hari ini, Senin (22/3/21). GM Irene menang dengan skor 3-0.

Inibaru.id – Yang ditunggu-tunggu warganet akhirnya terjadi hari ini. Pertandingan catur antara GM Irene vs Dadang "Dewa Kipas" Subur mulai dilakukan hari ini, Senin (22/3/2021) pukul 15.00. Pertandingan tersebut disiarkan di kanal Youtube milik presenter ternama Deddy Corbuzier.

Yang bikin geger adalah, Deddy sudah menyiapkan total hadiah sebesar Rp 300 juta untuk duel ini.

“Siapa pun yang menang, ini tidak ada jeleknya buat dunia catur Indonesia,” kata Deddy beberapa hari sebelumnya di Podcast Close The Door yang ada di kanal Youtube-nya.

Kasus dengan GothamChess

Pertandingan catur antara GM Irene vs Dewa Kipas. (Tangkapan layar podcast Close The Door Deddy Corbuzier)
Pertandingan catur antara GM Irene vs Dewa Kipas. (Tangkapan layar podcast Close The Door Deddy Corbuzier)

Nama Dewa Kipas mulai dibicarakan warganet sejak memiliki kasus dengan GothamChess, akun milik master catur internasional Levy Rozman. Saat itu, akun Dewa Kipas yang digunakan oleh Dadang Subur mengalahkan Levy dalam pertandingan yang disiarkan secara langsung oleh Levy.

Masalahnya, ada dugaan bahwa Dewa Kipas berbuat curang. Pengikut GothamChess kemudian melaporkan akun Dewa Kipas di Chess.com, yang membuat akun tersebut hilang. Nah, anak dari Dadang memprotesnya, yang diikuti warganet Tanah Air, hingga didengar Levy.

Lebih lanjut, pihak Chess.com juga menyebut hilangnya akun Dewa Kipas terjadi lantaran mereka menemukan akun tersebut melakukan kecurangan. Hal yang sama juga diungkap oleh GM Irene Sukandar saat diundang di podcast Deddy Corbuzier.

Dadang yang sebelumnya menolak ajakan bertanding sejumlah Grand Master, lantaran siniar dari Deddy Corbuzier, Dadang akhirnya menerima tantangan pertandingan melawan GM Irene. Terlebih, hadiah untuk yang menang atau pun kalah, yakni Rp 200 juta untuk pemenang dan Rp 100 juta untuk yang kalah.

Hasil Akhir Pertandingan

Pecatur putri bergelar Woman Grand Master (WGM), Irene Kharisma Sukandar. (Kompas/Raditya Helabumi)
Pecatur putri bergelar Woman Grand Master (WGM), Irene Kharisma Sukandar. (Kompas/Raditya Helabumi)

Dalam pertandingan yang dikomentari oleh pecatur nomor satu pria Indonesia, GM Susanto Megaranto dan Rangking 3 perempuan Indonesia MIW Chelsie Monica ini, Dewa Kipas sempat melakukan dua kali blunder hingga tertinggal 0-2 dari GM Irene. 

Sayangnya, Dewa Kipas nggak kunjung bisa lepas dari tekanan yang dilakukan GM Irene. Alhasil, di babak ketiga, Dadang kembali kalah hingga akhirnya kalah telak 3-0.

Usai pertandingan, Dadang Subur pun mengakui kekalahannya dari GM Irene.

Wah, pertandingan catur antara GM Irene vs Dewa Kipas ini seru, ya Millens. Penontonnya bahkan sampai lebih dari satu juta, lo. Siapa nih yang menang besar? Ha-ha. (IB09/E03)