Akhir Pekan Jangan Mager, Ini Gerakan Senam Lantai Tanpa Alat yang Cocok Kamu Lakukan di Rumah!

Akhir Pekan Jangan Mager, Ini Gerakan Senam Lantai Tanpa Alat yang Cocok Kamu Lakukan di Rumah!
Ilustrasi: Senam lantai bisa jadi alternatif olahragamu. (Unsplash/Mark Zamora)

Kamu nggak perlu nge-gym kok kalau mau berolahraga. Dengan senam lantai, kamu tetap bisa menjaga kebugaran tubuh. Kira-kira jenis senam lantai apa ya yang cocok dilakukan di rumah?

Inibaru.id - Diam di rumah karena WFH dan banyak fitness center tutup bikin badan yang biasanya bergerak jadi terasa kaku. Nah, mumpung akhir pekan, gerakin badan, yuk! Jangan mager, karena sebetulnya ada banyak gerakan senam lantai tanpa alat yang cocok kamu lakukan di rumah. 

Gerakan-gerakan senam lantai memang kaya manfaat, mulai dari menjaga kekuatan tulang, membuat tubuh lebih lentur, menjaga daya tahan tubuh, dan mengecilkan perut buncit. 

Untuk melakukannya, kamu cukup menyiapkan matras dan baju senam yang nyaman. Selain sendirian, kamu juga bisa melakukannya dengan pasangan. Siap?

Gaya Lilin

Ilustrasi: Senam lantai gaya lilin. (Pixabay)
Ilustrasi: Senam lantai gaya lilin. (Pixabay)

Cara melakukan senam lantai gaya lilin ini gampang banget lo, Millens. Kamu cukup tidur terlentang di atas matras senam, lalu letakkan masing-masing tangan pada pinggang. Pandangan lurus ke depan dan perlahan angkat kedua kaki secara bersamaan.

Gunakan kekuatan tangan untuk membuat kaki dan pinggul lurus ke atas. Setelah agak lama,  turunkan kedua kaki secara perlahan. Gerakan ini bermanfaat menjaga keseimbangan tubuh.

Senam Lantai Kayang

Ilustrasi: Kayang atau <i>wheel pose </i>menjadi salah satu gerakan yang bisa kamu praktikkan di rumah. (Kahindoor)
Ilustrasi: Kayang atau wheel pose menjadi salah satu gerakan yang bisa kamu praktikkan di rumah. (Kahindoor)

Gerakan berikutnya ini bisa kamu praktikkan dari sikap berdiri tegak dengan kaki sedikit terbuka. Setelah itu, letakkan kedua tangan ke samping kaki, kemudian ayunkan tangan ke belakang. Kepala menghadap ke atas dan badan diarahkan ke belakang. Pastikan tanganmu menyentuh matras senam.

Eits, gerakan ini juga bisa dimulai dari sikap tidur, lo. Caranya, tidur dengan posis terlentang, lalu kedua lutut ditekuk. Rapatkan kedua tumit pada bagian pinggul. Setelah itu, tekuk masing-masing siku tangan dengan telapak tangan dengan bertumpu pada matras.

Naikkan badanmu perlahan-lahan, kemudian dorong dengan kedua tangan sementara luruskan kaki. Masukkan kepala di antara kedua tangan.

Meski sedikit rumit, gerakan ini banyak manfaatnya yaitu melenturkan tubuh, menjaga daya tahan, keseimbangan, dan menyingkirkan perut buncit. Wow!

Gaya Headstand

Ilustrasi: Gerakan headstand. (timesofindia)
Ilustrasi: Gerakan headstand. (timesofindia)

Belum puas dengan dua gerakan di atas? Nih, kamu bisa mencoba headstand. Coba berdiri tegak dan rapatkan kedua kaki. Posisikan kedua lengan lurus rapat di samping badan, pandangan lurus ke depan. Bungkukkan badanmu ke depan dan posisikan kedua telapak tangan serta dahi di matras dengan membentuk segitiga sama sisi. Kemudian, angkat pinggul dengan posisi badan tegak lurus pada matras. Luruskan satu kaki ke arah atas. Jangan lupa jaga keseimbangan biar nggak cidera ya.

Gaya Handstand

Ilustrasi: Gerakan handstand. (Yogateket)
Ilustrasi: Gerakan handstand. (Yogateket)

Ambil posisi berdiri tegak, letakkan salah satu kaki di depan dan kedua tangan lurus di atas. Lalu, letakkan telapak tangan bertumpu pada matras dan bungkukkan badanmu ke arah depan. Usahakan kedua tanganmu tetap lurus kemudian ayunkan salah satu kaki ke belakang ke arah atas, diikuti kaki yang satu lagi dan rapatkan.

Gerakan ini bakal membentuk garis vertikal antara lengan, badan, dan kedua kaki lurus ke arah atas. Lalu, ayunkan kaki kanan dalam keadaan lurus ke atas, sehingga kaki kiri juga ikut terangkat. Kalau sudah, tahan sikap tersebut selama beberapa saat.

Gimana, Millens, merasa tertantang untuk mencoba? Jangan lupa pilih matras yang nggak licin ya? (fim/IB21/E03)