Sederet Kontroversi Ahmad Dhani

Sederet Kontroversi Ahmad Dhani
Terpidana kasus ujaran kebencian Ahmad Dhani berjalan menuju mobil tahanan seusai menjalani sidang putusan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jakarta, Senin (28/1/2019). (Antara Foto/Sigid Kurniawan)

Selain ujaran kebencian yang menyeretnya masuk bui, Ahmad Dhani juga pernah menuai kontroversi baik melalui cuitan Twitter maupun aksinya. Berikut ulasannya.

Inibaru.id – Pentolan grup musik Dewa 19 Ahmad Dhani resmi divonis 18 bulan penjara atas kasus ujaran kebencian. Vonis itu dijatuhkan Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) kepada Dhani, Senin (28/1/2019). Menurut majelis hakim, Dhani terbukti bersalah atas tiga cuitannya di Twitter.

Belakangan ini, selain dikenal sebagai seorang musikus, Ahmad Dhani juga termasuk dalam politikus yang kritis. Dhani diketahui sering melakukan perang cuitan di Twitter dengan menuliskan cuitan pedas untuk mengkritik jalannya pemerintahan.

Nggak hanya cuitan pedas yang menyeretnya masuk bui, pemilik akun Twitter @AHMADDHANIPRAST itu juga beberapa kali terlibat konflik dengan beberapa orang dan menjadi kontroversial. Pada Juni 2014, sebuah media Jerman, Spiegel pernah menyoroti kostum Ahmad Dhani yang dikenakan dalam video klip lagu dukungan untuk pasangan calon presiden-wakil presiden Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

Dalam video tersebut, Dhani terlihat memakai mantel hitam dengan emblem di kerah, tanda pangkat, dan dua kantong di bagian dada. Kostum ini dikritik mirip dengan seragam pemimpin Nazi Heinrich Himmler. Karena kostum tersebut, beberapa musisi tanah air seperti Gleen Fredly dan Anggun C. Sasmi mengecam aksi Dhani seperti yang disebut dalam tayangan video Medcom.id, Selasa (29/1/2019).

Setahun berlalu, Dhani kembali berurusan dengan Farhat Abbas. Farhat diduga mencemarkan nama baik Dhani melalui cuitan Twitter pribadinya sejak 2013 lalu. Kasus ini semakin panas ketika Dhani membawa masalah tersebut ke meja hijau. Di persidangan, Farhat kemudian meminta maaf secara terbuka kepada Dhani.

Suami Mulan Jameela itu juga pernah berseteru dengan Deddy Corbuzier di tahun yang sama. Perseteruan itu bermula saat Deddy mengundang istri Ahmad Dhani di acara talkshow-nya. Dalam talkshow ini, Deddy membahas sesuatu yang nggak berkenan bagi Ahmad Dhani. Kasus tersebut berakhir ketika Deddy memanggil Dhani ke acara talkshow yang sama.

Tahun 2016, cuitan Twitter Dhani yang berbunyi “NKRI memang bukan negara Islam, tapi kalau setiap tikungan jual babi guling, kita gulingkan pemerintahan-ADP” juga menuai kontroversi. Unggahan tersebut dianggap memiliki dampak buruk untuk para pengikutnya yang memiliki latar belakang beragam. 

Itulah sejumlah kontroversi yang pernah melibatkan bapak empat anak itu. Kendati demikian, kepiawaian Dhani sebagai seorang musikus nggak diragukan lagi. Puluhan lagu diciptakan Dhani baik untuk Dewa 19 maupun penyanyi lain. (IB07/E04)