Agar Tetap Sehat Saat Mudik, Perhatikan Hal Ini!

Jarak yang jauh serta medan yang nggak selalu mulus rentan membuat pemudik sakit di perjalanan. Untuk mengantisipasinya, coba perhatikan beberapa hal ini.

Agar Tetap Sehat Saat Mudik, Perhatikan Hal Ini!
Kepadatan dan lamanya perjalanan arus mudik bisa membuat tubuh lelah dan mudah jatuh sakit (Arratrrapost.com)

Inibaru.id - Mudik adalah hal yang menyenangkan karena kamu bakal bertemu dengan keluarga atau teman-teman lama di kampung halaman. Namun, perjalanan yang jauh dan waktu yang lama bisa membuatmu lelah bahkan jatuh sakit. Sebelum itu terjadi padamu, ada baiknya kamu lebih menjaga kesehatan saat melakukan perjalanan mudik.

Kompas.com, (20/6/2016), menulis Kepala Pusat Krisis Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Achmad Yurianto menyebut anak-anak, orang tua, dan mereka yang mengidap penyakit kronis seperti tekanan darah tinggi, diabetes, dan penyakit jantung rentan mengalami kelelahan, kekurangan cairan, dan jatuh sakit hingga meninggal dunia. Untuk itu, perlu perhatian lebih kepada mereka saat mudik.

Hal pertama yang harus diperhatikan agar tetap sehat adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi dan mencukupi kebutuhan air mineral. Hal ini akan membuat tubuh tetap segar, bugar, berenergi, dan memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Cara berikutnya yang perlu kamu lakukan adalah dengan melakukan olahraga ringan sebelum berangkat mudik. Lakukan menjelang waktu buka puasa sehingga kamu bisa segera minum atau makan selepas berolahraga. Selain itu, pastikan tubuhmu mendapatkan istirahat yang cukup di malam hari sebelum keberangkatan yakni sekitar 7 hingga 8 jam.

Saat mengemudi, kamu juga dianjurkan untuk beristirahat setiap beberapa jam sekali. Jangan memaksakan diri saat tubuh mulai lelah atau mengantuk. Jika memang perlu, lakukan tidur siang singkat (power nap) yang bisa mengembalikan kesegaran tubuh di tempat peristirahatan yang bisa dengan mudah ditemukan di pinggir jalan.

Jika ada anggota keluarga yang mengidap penyakit tertentu, pastikan untuk membawa obat-obatan pribadi. Pastikan pula membawa peralatan P3K dan obat-obatan ringan seperti obat sakit kepala atau obat mual. Bawa juga vitamin C yang mampu membuat sistem kekebalan tubuh tetap kuat.

Ada baiknya pula kamu membawa bekal makanan sendiri yang jauh lebih sehat dan higienis dibandingkan dengan makanan pinggir jalan. Namun, jika memang tidak sempat membawa bekal, pastikan untuk tidak membeli makanan sembarangan, ya.

Tips terakhir yang perlu kamu perhatikan agar nggak gampang sakit saat mudik adalah dengan memakai masker, apalagi jika kamu memakai transportasi umum atau sepeda motor. Selain itu, pastikan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun sebelum makan, menyentuh muka, atau setelah menggunakan toilet.

Nah, kalau sudah melakukan hal-hal tersebut, barulah kamu bisa tenang saat mudik. Semoga selalu sehat hingga rumah ya, Millens. (IB09/E04)