Agar Nggak Cepat Melar, Simak Tips Mencuci Sweter Berikut

Agar Nggak Cepat Melar, Simak Tips Mencuci Sweter Berikut
Ilustrasi memakai sweter. (Shutterstock)

Mencuci sweter sepintas terlihat mudah. Namun, jika nggak dilakukan dengan tepat, sweter dapat mudah melar dan berbulu, lo.

Inibaru.id Sweater atau sweter jamak digunakan masyarakat untuk menghangatkan tubuh saat cuaca dingin. Namun, nggak jarang orang menggunakan sweter demi penampilan belaka.

Mau dipakai untuk menghangatkan badan ataupun bergaya, sweter perlu dirawat secara tepat. Perawatan yang tepat bisa mencegah sweter agar nggak cepat melar dan berbulu. Nah, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat sweter.

Cuci Menggunakan Tangan

Hindari mencuci sweter menggunakan mesin cuci. (Shutterstock)

Mencuci sweter dengan mesin cuci dapat membuat sweter cepat melar dan berbulu. Dibanding menggunakan mesin cuci, lebih baik cucilah sweter dengan menggunakan tangan. Nggak sulit kok, Millens. Setelah direndam dalam detergen selama beberapa menit, kucek sweter lalu bilas hingga bersih.

Balik Sweter Saat Mencuci

Balik sweater saat mencucinya. (Pop Sugar)

Baliklah sweter sebelum mencucinya. Dengan begitu, kamu nggak akan merusak bagian luar sweter yang menjadi tampilan utama. Membalik sweter saat mencuci juga akan mengurangi risiko benang yang keluar dari swetermu.

Keringkan dengan Tepat

Keringkan sweater dengan tepat. (Woolmark)

Untuk mengeringkannya, lebih baik hindari penggunaan mesin cuci ataupun memeras sweter karena dapat merusak serat kain. Agar lebih awet, keringkan sweater dengan handuk atau kain kering. Cukup letakkan sweter di atas handuk atau kain kering lalu gulung hingga air di dalamnya berkurang. Saat menjemur, hindari juga mengarahkan sweter langsung pada sinar matahari ya.

Gunakan Setrika Uap

Gunakan setrika uap untuk menyetrika sweater. (Shutterstock)

Menggunakan setrika uap dapat membuat sweter terlihat rapi tanpa membuatnya cepat melar. Yap, penggunaan setrika biasa membuat sweter lebih mudah melar.

Lipat Sweter

Lipat sweater agar nggak cepat melar. (Shutterstock)

Setelah selesai dicuci dan disetrika, saatnya menyimpan sweter dengan benar. Agar nggak cepat melar, jangan gantung sweter, ya. Lebih baik lipat saja swetermu agar tetap rapi tanpa merusak tekstur kain.

Bagaimana, nggak sulit kan merawat sweter kesayanganmu? Jika dirawat dengan benar, swetermu tentu akan lebih awet deh. Selamat mencoba, Millens. (IB10/E04)