Agar Mudikmu Tenang, Pastikan 7 Hal di Rumahmu Ini Aman

Mudik boleh-boleh saja Millens, asal pastikan rumahmu aman ya. Berikut tujuh hal yang harus kamu perhatikan sebelum meninggalkan rumah.

Agar Mudikmu Tenang, Pastikan 7 Hal di Rumahmu Ini Aman
Rumah aman, hati tenang. (portalsatu.com)

Inibaru.id – Sebagian besar warga mudik ke kampung halamannya menjelang Lebaran. Otomatis mereka harus meninggalkan rumahnya di perantauan dalam jangka waktu yang cukup lama. Sebagian dari mereka kemudian menyewa jasa keamanan untuk menjaga rumahnya.

Namun, saat musim Lebaran, biaya untuk menyewa jasa keamanan jadi berlipat-lipat. Hal ini membuat sebagian warga enggan menyewa jasa keamanan dan memilih untuk meninggalkan rumahnya tanpa penjagaan. Nah, bagi kamu yang mengalami hal tersebut, sebelum mudik kamu harus memastikan beberapa hal berikut agar rumahmu aman meskipun nggak dijaga.

  1. Pintu dan Jendela Terkunci

Kunci pintu dan jendela sebelum mudik. (Sahabatnestle.co.id)

Sebelum mudik, pastikan pintu dan jendela rumahmu terkunci dengan benar. Kalau perlu, pasanglah pengaman rangkap pada tempat-tempat yang rawan menjadi sasaran pencuri seperti kamar tidur dan lemari. Eits, tapi jangan mengunci pintu dari dalam ya, Millens. Kalau dari dalam, kamu nggak bisa keluar dong.

  1. Saluran Air dan Keran dalam Keadaan Mati

Matikan saluran air. (Vivirmejor.org)

Hal sepele ini sering dilupakan sebagian orang. Sebelum mudik, sebaiknya kamu memastikan dulu saluran air dan keran yang ada di rumahmu dalam keadaan mati. Selain bisa membuat tagihan air dan listrikmu membengkak, kamu juga mubazir air, Millens. Jadi, sekali-kali sayangi air lah, masa pacar terus yang disayang.

  1. Kunci Ganda Kendaraan

Kunci ganda motormu. (Choirilmoto.com)

Sebagian orang memillih mudik menggunakan alat transportasi umum. Dengan begitu, mereka meninggalkan kendaraannya di rumah. Agar kamu nggak was-was meninggalkan kendaraan di rumah, pastikan kendaraanmu terkunci. Bila perlu tambahkan kunci ganda pada kendaraanmu untuk menghindari potensi kemalingan. Kendaraannya saja yang dikunci, hatinya jangan ya. Eh.

  1. Cabut Regulator Gas

Cabut regulator gas. (Youtube.com)

Kasus kebocoran gas sudah banyak terjadi. Nah, untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya kamu mencopot regulator gas sebelum meninggalkannya mudik.

  1. Cabut Stopkontak

Matikan aliran listrik. (Sharp-indonesia.com)

Konsleting listrik merupakan salah satu pemicu terjadinya kebakaran. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya kamu mencabut stop kontak yang ada di rumahmu sebelum mudik.

  1. Hindari Hal-Hal yang Menunjukkan Rumah Sedang Kosong

Usahakan rumah nggak tampak kosong. (Pojokcenter07.org)

Sebelum mudik, usahakan rumahmu terlihat berpenghuni. Hal tersebut untuk menghindarkan rumahmu diincar para pencuri.

Beritahu loper koran langgananmu untuk nggak mengirim koran. Selain buang-buang uang, penumpukan koran tentu akan membuat orang berpikir penghuninya sedang nggak di rumah.

Mintalah kerabat terdekat untuk sesekali menengok dan membersihkan rumahmu, terutama jika kamu memiliki hewan peliharaan. Jika nggak pengin merepotkan mereka, bawa saja hewan peliharaanmu ke penitipan hewan. Satu lagi, pastikan lampu rumahmu menyala saat malam hari. Kamu juga bisa meletakkan beberapa sandal untuk mengecoh orang yang berniat jahat.

  1. Pamit kepada Ketua RT/RW dan Pihak Keamanan

Lapor Ketua RT setempat. (Kutaikartanegarakab.go.id)

Bila semua persiapan internal sudah selesai, kamu bisa meminta bantuan pihak luar untuk mengamankan rumahmu. Kamu bisa lapor kepada ketua RT setempat sebelum mudik. Bila ada petugas keamanan, kamu juga sebaiknya lapor kepada mereka.

Selain itu, kamu juga bisa bertukar nomor telepon dengan ketua RT/TW dan pihak keamanan. Dengan begitu, mereka bisa langsung memberitahumu jika terjadi hal darurat di rumahmu. Beritahu juga kapan kamu akan kembali dari kampung halaman.

Nah, kalau ketujuh hal tersebut sudah aman, barulah kamu bisa mudik dengan tenang ke kampung halaman. Mudik tenang, rumah aman. (IB15/E04)