Prie GS Tanyakan Isu Keluarga untuk Cagub Ganjar dan Sudirman

Dua pasang calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah dipertemukan dalam satu acara dalam Bincang Kandidat Metro TV. Panelis debat, Prie GS menanyakan isu keluarga kepada keduanya. Apa pertanyaannya?

Prie GS Tanyakan Isu Keluarga untuk Cagub Ganjar dan Sudirman
Ganjar-Yasin dan Sudirman-Ida dalam Kandidat Bicara. (Inibaru.id/Luthfi)

Inibaru.id – Atmosfer Pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2018 sudah semakin memanas. Hal ini terlihat dari debat antarkandidat yang diselenggarakan Metro TV pada Kamis (15/3/2018). Acara bertajuk “Kandidat Bicara Spesial Jawa Tengah” tersebut digelar di Gumaya Tower Hotel, Semarang, Jawa Tengah.

Pada acara yang dipandu Zilvia Iskandar, turut hadir Ketua DPRD Jawa Tengah Rukma Setyabudi, Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono, dan sejumlah pimpinan partai pengusung. Debat itu juga dihadiri para pendukung kedua calon.

Panelis yang terdiri atas Direktur Eksekutif Poltrakcing Indonesia Hanta Yuda, Direktur INDEF Enny Sri Hartati, Budayawan Prie GS, dan Dosen FISIP Undip Semarang Teguh Yuwono, memberikan sejumlah pertanyaan bagi kedua pasangan cagub dan cawagub. Pertanyaan yang diberikan meliputi pelbagai bidang, seperti pendidikan, ekonomi, bahkan budaya.

Baca juga:
Susi Kampanyekan Perlindungan Laut di Hadapan Mahasiswa Harvard
Kata Jasa Marga Terkait Tarif Tol Jakarta-Surabaya yang Viral

Salah satu panelis, Enny Sri Hartati mengemukakan masalah pengangguran yang terjadi di Jawa Tengah pada kesempatan itu. Dia menanyakan perihal solusi yang ditawarkan kedua paslon. Paslon nomor urut 1, Ganjar-Yasin mengungkapkan bakal mengatasi permasalahan itu dengan sistem Kredit Mitra Jateng 25 yang dapat dimanfaatkan warga untuk modal usahanya.

“Kami bakal mendukung usaha mandiri masyarakat dengan memberikan Kredit Mitra Jateng dan kami juga bakal memberikan pendampingan dengan hal itu,” ujar Ganjar.

Sementara itu, paslon nomor 2, Sudirman-Ida, memiliki cara lain, yakni dengan membuka lapangan pekerjaan sebanyak mungkin untuk masyarakat.

“Membuka lapangan pekerjaan menurut saya cara yang efektif. Kami bakal menciptakan sekitar 50 lapangan pekerjaan baru di setiap desa,” ungkap Sudirman.

Berbeda dengan Enny, Prie GS justru memberikan pertanyaan yang terbilang unik bagi para pasangan calon, yakni bertemakan keluarga. Budayawan Jawa Tengah yang terkenal nyentrik ini menanyakan cara setia dengan istri kepada Ganjar Pranowo. Sesaat setelah pertanyaan diberikan, Ganjar langsung menghambur ke kursi penonton dan memeluk istrinya. Ganjar juga menghampiri anaknya dan bersalaman dengan gaya mereka.

Baca juga:
Hasil Drawing Perempat Final Liga Champions: Dua Big Match!
Mobil Apa yang Paling Laris Selama Februari 2018?

Adapun untuk Sudirman Said, Prie GS menanyakan cara mengatasi istri yang ngambek. Mantan Menteri ESDM itu mengaku bakal merayu istriya dengan cara halus. Namun, Prie GS dengan gaya nyeleneh-nya menyatakan keraguan atas jawaban pria yang kerap disapa Dirman itu.

“Saya kok susah ya bayangin ekspresi Pak Dirman merayu istrinya,” kelakar Prie GS, disusul gelegak tawa penonton yang hadir.

Tawa penonton yang pecah itu memberikan suasana damai dalam acara. Semoga kedamaian itu juga bakal tercipta selama kampanye bahkan hingga akhir Pilgub Jateng 2018 ini ya, Millens. Yuk, tentukan pilihanmu! (IF/GIL)