Adab Mengisi Bensin di POM BBM, Biar Semua Nyaman!

Adab Mengisi Bensin di POM BBM, Biar Semua Nyaman!
Ada adab mengisi bensin di POM BBM yang sebaiknya kamu lakukan. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Antrean panjang di POM BBM adalah hal yang wajar. Nah, biar kamu bisa melakukan pengisian bensin dengan cepat, coba deh perhatikan adab mengisi bensin di POM BBM ini.

Inibaru.id – Salah satu aktivitas yang tanpa sadar sering kita lakukan adalah mengisi bensin di POM BBM. Maklum, hampir semua orang memiliki kendaraan pribadi yang membutuhkan bahan bakar minyak. Nah, di POM BBM, kita terbiasa untuk mengantre. Biar semua nyaman dan antrean berjalan cepat, kamu pun harus mengetahui sejumlah adab mengisi bensin di POM BBM berikut ini.

1.       Jangan Lupa Mematikan Mesin Dulu

Kalau kamu memakai kendaraan roda empat atau lebih, wajar kalau kamu menyalakan mesin hingga kendaraan sampai di depan selang pengisian BBM. Tapi, kalau kamu memakai sepeda motor, nggak ada salahnya lo mematikan mesin. Apalagi kalau antreannya cukup panjang.

Meski sepeda motor itu berat, sebenarnya tubuh kita nggak bakal kesulitan kalau mendorongnya maju sedikit demi sedikit. Toh, kebanyakan POM BBM rata, kan? Kamu bahkan bisa mendorongnya tanpa perlu turun dari jok, deh.

Alasan mengapa kita sebaiknya mematikan mesin? Tentu saja demi menurunkan polusi udara. Selain itu, sayang juga kan kalau ada bensin yang terbuang percuma hanya karena kita nggak mau mematikan mesin saat mengantre BBM yang lama.

2.       Sebelum Sampai di Depan Selang Pengisian, Buka Tangki Bensin

Pastikan kamu melakukan pengisian bensin dengan cepat di POM BBM. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Pastikan kamu melakukan pengisian bensin dengan cepat di POM BBM. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Kecuali tangki bensin kamu nggak ada di luar jok, ya Millens, sebaiknya kamu membuka jok dan membuka tangki bensin dulu sebelum sampai di depan selang pengisian. Minimal, kamu sudah melakukannya saat sepeda motor di depan kamu sedang melakukan pengisian. Tujuannya, ya biar kamu ngga boros waktu, deh.

3.       Segera Bayar Bensin yang Kamu Beli

Saat petugas mengisi bensin ke tangki kendaraan kamu, segera deh kamu siapkan uang untuk dibayar. Apalagi jika uang yang kamu pakai adalah yang pecahan besar seperti Rp 100 ribu atau Rp 50 ribu. Sederhananya, kalau petugasnya sudah tahu kamu membutuhkan kembalian, mereka pun bisa bersiap untuk memberikan kembalian dengan cepat. Dampaknya, antrean pun bisa disingkat, deh.

4.       Segera Maju Begitu Pengisian BBM Selesai

Kalau pengisian BBM sudah selesai, segeralah dorong sepeda motor maju sehingga pengendara lainnya bisa segera melakukan pengisian. Kamu masih punya banyak waktu untuk menutup tangki BBM, menutup jok, merapikan dompet, naik ke sepeda motor, dan menyalakan mesin.

Kalau kamu melakukan langkah-langkah itu di depan petugas, petugas bakal nggak ngapa-ngapain karena hanya menunggu kamu selesai. Orang-orang di belakang antreanmu pasti bakal dongkol deh melihatmu.

Nah, sudah tahu kan adab mengisi bensin di POM bensin, Millens? (Moj/IB09/E05)