Ada yang Berumur Lebih dari 1000 Tahun, Berikut Ini Deretan Kota Tertua di Indonesia

Ada yang Berumur Lebih dari 1000 Tahun, Berikut Ini Deretan Kota Tertua di Indonesia
Palembang, kota tertua di Indonesia. (Wikimedia)

Kalau ditanya kota mana yang paling tua di Indonesia, mungkin orang akan menjawab Jakarta. Secara, kota ini dijadikan sebagai pusat pemerintahan, modern, dan padat. Tapi ternyata hal ini nggak sepenuhnya benar. Jakarta berada pada urutan ketiga kota tertua di Indonesia. 

Inibaru.id – Indonesia memang baru merdeka 75 tahun silam, tapi beberapa kotanya sudah berumur jauh lebih tua dari itu. Bahkan ada lo yang yang sudah satu milenium lebih. Yap, kota ini sudah ada sejak zaman kerajaan. Hm, kota mana saja ya yang paling tua di Indonesia? 

1.       Palembang

Palembang sudah berusia lebih dari 1.300 tahun. (Bisnis/Abdullah Azzam)
Palembang sudah berusia lebih dari 1.300 tahun. (Bisnis/Abdullah Azzam)

Ternyata, kota tertua di Indonesia bukan di Jawa, lo Millens. Palembang, Ibu Kota dari Provinsi Sumatera Selatan inilah yang menyandang status tersebut. Kota ini sudah berdiri sejak 17 Juni 628. Iya, kamu nggak salah lihat, usia kota ini memang sudah lebih dari 1.300-an tahun! Nggak nyangka ya, peradaban kita ternyata sudah ada selama itu.

Sejarah pendirian Palembang terkait dengan salah satu kerajaan paling sering disebut dalam pelajaran sekolah, Sriwijaya. Saat itu, Palembang disebut-sebut sebagai pusat perekonomian dan pemerintahan kerajaan tersebut.

2.       Magelang

Magelang, kota sejuta bunga. (magelangkota.go.id)
Magelang, kota sejuta bunga. (magelangkota.go.id)

Yang cukup mengejutkan, kota tertua kedua di Indonesia bukanlah kota besar, bukan pula Ibu Kota Provinsi. Magelang, kota kecil di Jawa Tengah yang berada dekat dengan Candi Borobudur dan Provinsi Yogyakarta ini ternyata sudah ada sejak 11 April 907, Millens. Sebagaimana Palembang, kota ini usianya sudah melebihi satu milennium!

Sebenarnya, nggak perlu kaget juga ya kalau Magelang sudah setua itu. Buktinya, Candi Borobudur yang megah ada di Kabupaten Magelang. Berarti, peradaban di wilayah tersebut memang sudah maju sejak lama.

3.       Jakarta

Kota Tua Jakarta. (Tokopedia)
Kota Tua Jakarta. (Tokopedia)

Baru deh Ibu Kota Jakarta masuk dalam daftar. Kota ini didirikan pada 22 Juni 1527. Jaraknya memang cukup jauh dibandingkan dengan Magelang atau Palembang. Hanya, kalau soal sejarah, Jakarta memang bisa dianggap sebagai yang paling kaya di Indonesia.

Kalau kita membicarakan namanya saja, Jakarta ternyata sudah berkali-kali ganti nama, lo. Awalnya, Kota ini didirikan dengan sebutan Sunda Kelapa. Namanya kemudian berganti jadi Jayakarta. Setelah itu, kolonial belanda menggantinya dengan nama Batavia mulai 1619. Bahkan, saat kependudukan Jepang, namanya berganti lagi menjadi Jakarta Tokubetsu Shi.

4. Semarang

Kota Lama Semarang dari ketinggian. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)
Kota Lama Semarang dari ketinggian. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Ibu Kota Jawa Tengah ini didirikan pada 2 Mei 1547 silam. Di zaman Belanda, Semarang dikenal sebagai Venezia dari Jawa. Di tempat ini pulalah, jaringan kereta api kali pertama di Indonesia dibangun.

5.       Medan

Kota Medan. (Enjoytourmedan.com)
Kota Medan. (Enjoytourmedan.com)

Medan terbentuk pada 1 Juli 1590. Salah seorang yang berjasa membentuk Ibu Kota Sumatera Utara ini adalah John Anderson, seorang perantau dari Eropa. Kini, Medan dikenal sebagai kota yang dipenuhi oleh berbagai macam suku, bangsa, dan kebudayaan.

Kamu pernah berkunjung ke semua tempat ini, belum Millens? (Boo/IB09/E05)