Diikuti Peserta Se-Indonesia, Semarang Night Carnival 2019 Jelas Beda

Diikuti Peserta Se-Indonesia, Semarang Night Carnival 2019 Jelas Beda
Peserta dari berbagai kota ikut meriahkan Semarang Night Carnival 2019. (Inibaru.id/ Annisa Dewi)

Siapa yang menghabiskan Rabu malam tadi untuk menyaksikan Semarang Nght Carnival? Yup, jika kamu cermat ada yang berbeda dari karnaval kali ini. Apa saja?

Inibaru.id - Gelaran Semarang Night Carnival Rabu malam (3/7) menyedot perhatian warga Kota Semarang dan sekitarnya. Meskipun acara dimulai pukul 18.30 WIB, namun penonton sudah memenuhi ruas Jalan Pemuda, Imam Bonjol serta Kapt. Pierre Tendean sejak sore hari.

Beda dari tahun-tahun sebelumnya, kali ini Semarang Night Carnival juga diikuti oleh seluruh kota di Indonesia. Setidaknya ada 68 kota yang menampilkan berbagai atraksi serta kebudayaan khas daerah masing masing. Bukan tanpa sebab, partisipasi peserta dari seluruh indonesia ini merupakan salah satu rangkaian rapat kerja Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) XIV tahun 2019 yang diselenggarakan di Kota Semarang.

Nggak cuma pakau baju adat, berbagai kostum unuk pun tuut ditampilkan. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Peserta yang berasal dari berbagai kota ini berpawai keliling dengan titik akhir di depan Balai Kota Semarang untuk menampilkan tarian atau atraksi lainnya di depan Wali Kota. Johan, peserta karnaval asal Manado akan tampil bersama 59 temannya yang lain. “Kita akan menampilkan tari kebasaran,” tuturnya sambil merapikan kostum merahnya.

Nggak cuma arak-arakan, peserta karnaval juga menampilkan berbagai tarian khas mereka. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Johan adalah salah satu peserta yang nggak sabar untuk menyapa warga Kota Semarang serta tampil di depan Wali Kota. Meski begitu, peserta dari luar daerah ini juga harus bergantian dengan peserta karnaval  yang berasal dari lokal Kota Semarang.

Lambang Persatuan

Semua peserta asal Sabang hingga Merauke berkumpul dalam satu tempat yang sama. Benar-benar bikin merinding! Hendrar prihadi mengungkapkan bahwa banyaknya peserta yang masyarakat yang menyaksikan acara malam itu adalah simbol persatuan Indonesia.

Kostum megah yang dikenakan peserta. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

“Setelah pemilu raya kemarin, kita rekan-rekan Pemerintah Kota Semarang sepakat untuk bersatu kembali. Sepakat bahwa NKRI harus terus dibangun (dijaga) di wilayah masing-masing,” tambahnya.

Banyaknya peserta yang terlibat bikin acara ini selesai pada tengah malam lo Millens! meski begitu semua peserta tetap semangat hingga titik finish.

Megahnya karnaval bikin penonton terkesima. Teti asal yang baru pertama kali menonton SNC mengaku senang bisa menyaksikan secara langsung. “Bangus banget,” tambah Teti yang matanya nggak lepas dari deretan karnaval. Dia yang datang sejak sore, belum juga beranjak hingga tengah malam untuk menyaksikan karnaval hingga selesai.

Sayang, acara ini nggak begitu kondusif karena banyaknya penonton yang memutuskan pulang terlebih dahulu sebelum acara selesai. Wah semoga tahun depan bisa lebih baik ya Millens! (Zulfa Anisah/E05)