Ada Teknologi MLFF, Nggak Perlu Antre Bayar Tol Lagi

Ada Teknologi MLFF, Nggak Perlu Antre Bayar Tol Lagi
Kemen PUPR menyiapkan Teknologi MLFF untuk pembayaran tol non-tunai sekaligus nirsentuh. Bayar tol nggak perlu antre lagi. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Kementerian PUPR serius menggarap teknologi MLFF di Jalan tol. Jadi, nantinya nggak perlu antre bayar tol lagi. Seperti apa sih mekanismenya?

Inibaru.id – Jalan tol alias jalan bebas hambatan bisa memangkas waktu perjalanan dengan signifikan. Namun, terkadang di gerbang tol, kamu harus antre untuk membayar. Untungnya, pemerintah sudah menyiapkan teknologi MLFF yang membuatmu nanti nggak perlu antre bayar tol lagi.

Hal ini diungkap oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR). Jadi, mereka sudah memiliki program transaksi pembayaran tol non-tunai nirsentuh berupa teknologi Multi Lane Free Flow (MLFF) yang memungkinkan hal ini.

Nah, hal ini nggak Cuma wacana karena sudah dituangkan dalam Surat Menteri PUPR Nomor: PB.02.01-Mn/132 tertanggal 27 Januari 2021 tentang Penetapan Pemenang Pelelangan Pengusahaan Badan Usaha Pelaksana Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha untuk Sistem Transaksi Tol Non-tunai Nirsentuh Berbasis Multi Lane Free Flow.

Dalam surat yang sudah ditandatangani Menteri PUPR Basuki Hadimuljono ini, disebutkan kalau pemenang lelang proyek teknologi MLFF adalah Roatex Ltd. Zrt, Millens. Nah, Roatex Ltd. Zrt ini sudah membentuk Pt Roatex Indonesia Toll System (RITS) untuk memastikan proyek ini berjalan sesuai rencana.

Teknologi MLFF Kerja Sama Indonesia-Hungaria

Teknologi MLFF hasil kerja sama dari Indonesia dan Hungaria. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Teknologi MLFF hasil kerja sama dari Indonesia dan Hungaria. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Jadi gini, Millens. Inovasi teknologi MLFF ini adalah hasil kerja sama Indonesia dan Hungaria yang dimulai saat Perdana Menteri Hungaria, Victor Orban berkunjung ke sini pada 2016 lalu. Yang luar biasa, pemerintah Hungaria sampai yakin memberikan investasi 100 persen untuk proyek ini, lo. Nilainya pun fantastis, yakni Rp 4,5 triliun!

Lantas, seperti apa sih mekanisme dari pembayaran tol non-tunai nirsentuh ini? Nah, teknlogi MLFF ini ternyata memakai Global Navigation Satellite System (GNSS) Technology. Nantinya, pengaplikasiannya hanya memakai gawai berupa ponsel pintar kamu, Millens.

Jadi, dengan GPS, lokasi ponsel pintar di dalam kendaraan kamu di jalan tol bisa ditentukan. Proses ini bisa menentukan jarak tempuh dan memperhitungkan tarif tol yang harus dibayar.

Omong-omong, teknologi GNSS sudah banyak digunakan di negara-negara Eropa Timur, termasuk Hungaria dalam tujuh tahun belakangan, tepatnya oleh Hungarian Toll Services Company (NUZs). Kabarnya sih, teknologi ini membuat kendaraan jadi lebih hemat bahan bakar dan biaya pengoperasian, lo.

Kok bisa? Ya karena nantinya nggak perlu lagi berhenti ataupun mengantre di jalan tol. Mobil bisa terus berjalan dan akhirnya membuat konsumsi bahan bakar lebih efisien dan waktu perjalanan jadi lebih cepat.

Hm, menarik juga ya teknologi pembayaran tol ini, Millens? (Kum/IB09/E05)