Ada Srikandi di Jajaran Pimpinan MPR 2019-2024

Ada Srikandi di Jajaran Pimpinan MPR 2019-2024
Potret pelantikan 10 pimpinan MPR periode 2019-2024. (Antara foto/Nova Wahyudi)

Sepuluh pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) akhirnya disepakati dan dilantik pada Kamis (3/10/2019) malam. Lestari Moerdijat menjadi satu-satunya srikandi yang duduk di kursi pimpinan MPR.

Inibaru.id - Setelah melalui proses panjang sepuluh nama pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) akhirnya disepakati semua fraksi. Kesepuluh orang itu lantas disahkan, dilantik, dan diambil sumpahnya pada Sidang Paripurna Pelantikan MPR yang digelar pada Kamis (3/10/2019) malam di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Dari sepuluh nama yang ditetapkan, Lestari Moerdijat menjadi satu-satunya srikandi yang duduk di kursi Pimpinan MPR. Lestari yang sering disapa Rerie itu duduk sebagai Wakil Ketua MPR dari Fraksi NasDem.

"Ini sebuah penghargaan. Saya adalah perempuan yang mewakili perempuan di Indonesia. Ini sebuah kehormatan buat kami semua perempuan Indonesia," kata Lestari di Kompleks Parlemen, Senayan seperti ditulis laman Kumparan, Kamis (3/10).

Dalam persidangan itu pula dipilih Ketua MPR periode 2019-2021. Mantan Ketua DPR RI dari fraksi Goongan Karya (Golkar) Bambang Soesatyo ditunjuk secara aklamasi menjadi pucuk pimpinan MPR periode ini.

Selain Bambang Soesatyo dan Lestari Moerdijat, kursi pimpinan MPR diduduki Ahmad Basarah (PDIP), Ahmad Muzani (Gerindra),  Jazilul Fawaid (PKB), Syarief Hasan (Demokrat), Hidayat Nurwahid (PKS), Zulkifli Hasan (PAN), Arsul Sani (PPP), dan Fadel Muhammad (DPD).

Sepuluh nama ini disepakati setelah melalui proses panjang. Di awal, sembilan fraksi politik bersama Dewan Perwakilan Daerah (DPD) mengusulkan satu nama sebagai wakil mereka. Sepuluh nama itu kemudian diusulkan dalam rapat gabungan fraksi pada Kamis (3/10) siang.

Semoga dengan terpilihnya Lestari Moerdijat di pimpinan MPR, hak-hak perempuan semakin diperjuangkan ya, Millens. (IB27/E04)