Ada Selama Empat Abad, Pulau di Meksiko Ini Dinyatakan Hilang

Ada Selama Empat Abad, Pulau di Meksiko Ini Dinyatakan Hilang
Ilustrasi - Pulau Bermeja dinyatakan hilang dari lautan usai selama empat abad dinyatakan ada. (Worldatlas/Shutterstock)

Sejak abad ke-16, Pulau Bermeja dinyatakan ada di Teluk Meksiko. Namun, mulai 1921, pulau ini tiba-tiba dinyatakan hilang dari peta. Pencarian pun dilakukan, tapi pulau ini benar-benar lenyap seperti ditelan bumi.

Inibaru.id – Ada sebuah pulau di Meksiko yang dinyatakan hilang setelah sebelumnya selama empat abad dianggap ada di Teluk Meksiko. Hingga kini, pencarian atas pulau ini masih dilakukan. Lantas, apa sebenarnya yang membuat pulau ini bisa-bisanya hilang begitu saja?

Nama pulau yang lenyap nggak berbekas dari muka bumi ini adalah Bermeja. Pulau ini nggak pulau kecil, lo, karena ada yang menyebut luasnya mencapai 90 km persegi. Lokasinya ada di barat laut Semenanjung Yucatan, tepatnya di 22 ° 33 'LU, 91 ° 22 BT.

Di peta-peta maritim yang ada di abad ke-16 dan 17, khususnya yang dipakai oleh pelaut Spanyol, pasti ada Pulau Bermeja. Namanya terkadang disebut sebagai Vermeja. Lokasinya juga nggak selalu sama di setiap peta mengingat akurasi peta zaman dahulu nggak sebaik sekarang. Satu hal yang pasti, semua orang yang pernah melihat peta-peta tersebut percaya kalau pulau itu memang ada.

Pada abad ke-18, mulai ada sejumlah pelaut yang mempertanyakan keberadaan pulau ini. Puncaknya, pada 1921, Atlas Geografis Republik Meksiko justru menghapus pulau ini dari peta. Hal ini pun membuat orang bertanya-tanya.

Salah satu peta Pulau Bermeja. (Twitter/BlackwindRPG)
Salah satu peta Pulau Bermeja. (Twitter/BlackwindRPG)

Ada yang menyebut pulau ini tenggelam karena naiknya permukaan air laut akibat pemanasan global. Ada yang menganggap pulau ini runtuh tertelan sinkhole atau gempa bawah laut. Bahkan, ada yang menyebut pulau ini sengaja dihilangkan demi memuluskan rencana Amerika Serikat yang ingin mengeksplorasi ladang minyak yang memang dikenal sangat banyak di Teluk Meksiko.

Nggak ingin spekulasi ini makin melebar, pemerintah Amerika Serikat serta Meksiko pun membahas pembagian wilayah perairan di wilayah yang sebelumnya Pulau Bermeja dipercaya ada, yakni Hoyos de Dona. Hasilnya, ekspedisi tim dari Meksiko pada 1997 sama sekali nggak menemukan pulau ini.

Pada 2009 lalu, tiga ekspedisi kembali dilakukan. Kali ini dengan menggunakan teknologi canggih, termasuk mengecek kondisi dasar laut. Tetap saja, para peneliti nggak menemukan di mana pulau ini lenyap.

Pakar geografi Meksiko Julio Zamora meyakini ada kesengajaan dalam pencantuman Pulau Bermeja di peta-peta abad ke-16 dan 17. Menurutnya, pulau ini sebenarnya nggak ada, namun sengaja di tempatkan di sana demi mengecoh musuh. Meski begitu, pakar geografi dari Universidad Nacional Autonoma de Mexico (UNAM) Irasema Alcantara yakin jika ada data-data valid yang memastikan bahwa pulau ini memang pernah benar-benar ada, namun kemungkinan ada di lokasi lain, bukannya yang diyakini selama ini.

Wah, unik juga ya misteri pulau yang hilang di Meksiko ini. Kalau di Indonesia, ada nggak ya yang seperti ini? (Top/IB09/E05)