Ada Peringatan Pertempuran Lima Hari Semarang, Perhatikan Ruas Jalan yang Ditutup Berikut

Upacara peringatan Pertempuran Lima Hari di Semarang akan digelar di Bundaran Tugu Muda pada Senin (14/10/2019). Lima ruas jalan ditutup demi kelancaran acara ini.

Ada Peringatan Pertempuran Lima Hari Semarang, Perhatikan Ruas Jalan yang Ditutup Berikut
Tugu Muda sebagai titik pusat Peringatan Pertempuran Lima Hari Semarang. (Shutterstock)

Inibaru.id – Senin (14/10/2019) malam, Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang akan menggelar upacara peringatan Pertempuran Lima Hari di kawasan Bundaran Tugu Muda. Upacara ini dilakukan demi mengenang pertempuran antara para pemuda Kota Semarang dengan penjajah Jepang pada 14-20 Oktober 1945 silam.

Beberapa ruas jalan, khususnya yang menuju Bundaran Tugu Muda akan ditutup karena hal ini. Penutupan dilakukan pada Minggu (13/10) untuk keperluan gladi bersih dan Senin (14/10) untuk acara utama. Penutupan ini dilakukan pada pukul 17.00 hingga 22.00 WIB.

Kabag Humas dan Protokol Pemkot Semarang Wing Wiyarso menyebut lima ruas jalan yang ditutup adalah Jalan Pandanaran, tepatnya dari Simpang Kyai Saleh hingga depan Holland Bakery; Jalan Soegijopranoto, tepatnya dari depan LP Wanita hingga ke Wisma Perdamaian; Jalan Dr. Soetomo, tepatnya dari Kampung Pelangi hingga depan Gereja Katedral; Jalan Imam Bonjol, tepatnya dari Simpang Indraprasta hingga Udinus; dan Jalan Pemuda, tepatnya dari Paragon hingga Tugu Muda.

Hasil gambar untuk ruas jalan yang ditutup pertempuran lima hari di semarang

Rute jalan yang ditutup dan alternatif jalan lain. (Humas Pemerintah Kota Semarang)

Khusus untuk Jalan Indraprasta hanya bisa digunakan satu arah. Sementara itu, jalan HOS Cokroaminoto akan dibuat dua arah, tepatnya dari kawasan Pasar Bulu ke arah barat.

“Karena di ruas jalan tersebut akan dipakai upacara, masyarakat dihimbau untuk memakai jalur alternatif demi menghindari kemacetan,” ucap Wing dilansir laman Tribunnews, Minggu (13/10).

Jika masyarakat ingin menyaksikan upacara ini, Dishub Pemkot Semarang telah menyiapkan lokasi parkir di DP Mall dan Pasar Bulu. Khusus untuk tamu VIP akan ditempatkan di Gereja Katedral dan tamu VVIP di Wisma Perdamaian.

Selain upacara, kamu juga bisa menyaksikan drama teatrikal terkait dengan peringatan ini yang diperankan pemuda Kota Semarang. Ada pula acara penganugerahan Semarang Award bagi pelaku sejarah Pertempuran Lima Hari di Semarang.

Selain dihadiri Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, upacara ini akan diikuti jajaran Forkopimda dari Kota Semarang dan Provinsi Jawa Tengah, serta para pejuang veteran.

Millens tertarik untuk nonton atau malah pengin menghindari kemacetan dari acara ini? (IB09/E04)