Ada Kota New York di Amerika Serikat, Bagaimana dengan Old York?

Ada Kota New York di Amerika Serikat, Bagaimana dengan Old York?
Salah satu sudut Manhattan di New York. (Istockphoto/Eloi_Omella via CNN)

Di Amerika Serikat ada New York, terus ada Old York nggak ya?

Inibaru.id –  Amerika Serikat terdiri atas 50 negara bagian, salah satunya New York. Kota ini menjadi kota berpenduduk terbanyak di Amerika Serikat dengan lebih dari 8 juta penduduk. Luas negara bagian ini sebesar 784 km2. Kalau kamu perhatikan, kata “new” pada New York diartikan sebagai “baru”. Terus, apa mungkin ada Kota Old York?

New York bukan cuma menjadi kota terpadat, tapi juga sebagai pusat dari berbagai budaya. Kota ini juga memberi pengaruh yang besar pada dunia hiburan, perdagangan, dan teknologi. Wah, luar biasa ya, Millens.

Kalau punya kesempatan jalan-jalan ke sini, kamu bisa mengunjungi ikon-ikon kota yang terkenal seperti gedung Empire State, Patung Liberti, taman Central Park di Manhattan, hingga berbagai pusat perkantoran.

Amerika Serikat Pernah Dijajah oleh Belanda

Amerika Serikat juga ternyata pernah dijajah Belanda lo. Nah, era penjajahan ini nantinya berhubungan dengan New York. Belanda menjajah daerah ini pada abad ke-17 dan menamakannya Nieuw Nederland atau Belanda Baru.

Tujuan dari penjajahan yang dilakukan oleh bangsa Belanda di Amerika Serikat saat itu adalah memanfaatkan perdagangan bulu yang ada di Amerika Serikat. Namun, pada 1664, penjajahan Belanda ini jatuh ke tangan Inggris, ketika berlangsungnya Perang Inggris-Belanda yang kedua.

Sejarah Nama New York

Patung Liberty di New York, hadiah dari rakyat Prancis untuk merayakan kebebasan Amerika Serikat. (Shutterstock via Kompas)
Patung Liberty di New York, hadiah dari rakyat Prancis untuk merayakan kebebasan Amerika Serikat. (Shutterstock via Kompas)

Kalau kota yang saat ini bernama New York pada awalnya bernama Nieuw Nederland, terus bagaimana bisa berganti menjadi New York, ya?

Ternyata, perubahan nama ini terjadi saat penjajahan Inggris yang dimulai pada 1664, Millens. Nama "York" ini diambil dari nama Duke of York, adik dari Raja Charles II, pemimpin Inggris saat itu.

Duke of York, atau yang bernama asli James, dianggap berperan penting dalam perang dengan Belanda saat itu. Sehingga, penggunaan nama "York" untuk mengganti nama wilayah Nieuw Nederland menjadi New York kala itu dilakukan sebagai tanda penghormatan untuk Duke of York.

Lalu, Apakah Ada Tempat Bernama Old York?

Ternyata Old York nggak ada. Tapi, ada daerah dengan nama York di Inggris. York merupakan wilayah otoritas kesatuan, yaitu wilayah yang bertanggung jawab untuk berbagai fungsi pemerintahan daerah.

Kota York didirikan oleh bangsa Romawi pada 71 Masehi dan menjadi ibukota provinsi dari Kerajaan Deira. Nah, pada  abad ke-19, York menjadi pusat utama jaringan kereta api dan pembuatan gula, yang statusnya dipertahankan hingga abad ke-20.

Kota York yang ada di Inggris inilah yang diyakini sebagai “Old York” atau Kota York yang asli. Hm, gimana, menarik ya? Ngomong-ngomong, apa yang kamu tahu soal New York, Millens? (Bob/IB21/E03)