Intip Profil Risa Santoso, Rektor Termuda di Indonesia Berusia 27 Tahun

Menjadi rektor termuda di Indonesia, Risa Santoso ramai diperbincangkan publik. Berikut profil singkat Risa.

Intip Profil Risa Santoso, Rektor Termuda di Indonesia Berusia 27 Tahun
Risa Santoso. (Instagram/michaelsugijanto)

Inibaru.id – Apa yang terlintas di benakmu bila mendengar kata ‘rektor’? Pasti yang kamu pikirkan adalah sosok lelaki berwibawa yang sudah berumur 50-an, menyandang gelar profesor, dan disegani oleh para mahasiswa. Namun, nggak dengan rektor yang satu ini. Namanya Risa Santoso, perempuan muda ini disebut-sebut sebagai rektor termuda di Indonesia.

Perempuan kelahiran Surabaya, 27 Oktober 1992 ini ramai dibicarakan publik karena pencapaiannya yang luar biasa. Sebab, di usianya yang masih 27 tahun, Risa telah menjabat sebagai Rektor Institut Teknologi dan Bisnis ASIA Malang. Nggak heran dia disebut sebagai rektor termuda di Indonesia.

Risa dipilih menjadi rektor setelah bergabungnya Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dengan  Komputer (STMIK) ASIA Malang dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) ASIA Malang di bawah pengelolaan Yayasan Wahana Edukasi Cendekia.

"Beliau sosok muda yang smart dan energik," kata Ketua Yayasan Wahana Edukasi Cendekia Malang, Yoyok Hari Subagiono, dikutip dari Malang Post, Selasa (5/11/2019).

Meski umurnya masih muda, Risa dinilai punya kemampuan yang matang. Dia bahkan pernah menjabat sebagai Direktur Pengembangan Bisnis Kampus Asia. "Banyak prestasinya di bidang tersebut," tambah Yoyok.

Mengenal lebih jauh sosok Risa, perempuan tersebut merupakan lulusan kampus ternama di Amerika Serikat. Dia mengenyam pendidikan S1 di University of California yang dikenal sebagai perguruan tinggi riset publik yang bagus di Amerika Serikat. Di sini, Risa menempuh jurusan ekonomi.

Setelah lulus, dia kembali melanjutkan pendidikan S2 di Harvard University dengan beasiswa LPDP. Di kampus paling bergengsi di dunia ini, Risa berhasil mendapat gelar magister di jurusan pendidikan.

Nggak hanya itu saja lo. Sebelum menjadi rektor, Risa Santoso pernah bekerja sebagai tenaga ahli muda di kantor staf presiden. Dengan pencapaian dan pengalaman yang luar biasa, nggak heran Risa dipercaya untuk menjadi rektor meski masih berusia muda.

Usai dipercaya menjadi Rektor Institut Teknologi & Bisnis ASIA Malang, Risa mengatakan telah memiliki tiga langkah strategis untuk mewujudkan visinya sebagai rektor. Dilansir dari Indozone, Senin (4/11), Risa mengaku kini dirinya tengah menyiapkan kerjasama untuk membuat sebuah program dengan pihak luar negeri. Namun, program tersebut masih dalam proses penelitian.

"Itu harus dilihat bagaimana cara kita berkomunikasi dengan mereka yang pasti menyamakan tujuan karena mau nggak mau semuanya pasti mau yang terbaik untuk institusi," jelas Risa.

Wah, salut banget dengan perempuan muda yang satu ini ya, Millens! (IB07/E06)