9 Pantai di Jawa yang Sering Dikaitkan dengan Ratu Laut Selatan, Mistis tapi Menawan!

9 Pantai di Jawa yang Sering Dikaitkan dengan Ratu Laut Selatan, Mistis tapi Menawan!
Ilustrasi: Beberapa pantai di Jawa punya hubungan dengan cerita mistis Nyi Roro Kidul. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Cukup banyak pantai di Jawa yang sering dikaitkan dengan hal mistis. Salah satunya, tentu saja terkait legenda Nyi Roro Kidul. Mana saja pantai yang sering dikaitkan dengan Ratu Laut Selatan itu?

Inibaru.id - Kisah mistis agaknya telah mendarah daging di kehidupan masyarakat Jawa sejak lama. Konon, raja-raja di Jawa zaman dulu, khususnya wangsa Mataram, kerap melegitimasi kekuasaannya dengan kisah mistis tersebut, salah satunya melalui keberadaan Ratu Laut Selatan.

Dalam budaya kejawen, penguasa laut selatan adalah Kanjeng Ratu Kidul, sosok ruh suci yang baik hati dan dimuliakan. Ia diyakini merupakan ciptaan dari Dewa Kaping Telu, yang memiliki tiga kekuatan utama, yakni Nyi Blorong, Nyi Roro Kidul, dan Lara Kidul Dewi Nawangwulan.

Di Jawa dan Bali, sosok Kanjeng Ratu Kidul memiliki berbagai ragam versi. Nggak sedikit yang menyamakannya dengan Nyi Roro Kidul, sosok dewi yang sering muncul menyerupai sosok molek dengan kebaya hijaunya. Ia diyakini sebagai istri spiritual para raja di Jawa.

Kisah kemunculan penguasa laut selatan tersebut dikisahkan orang Jawa secara turun-temurun. Kesaksian orang-orang membuat legenda itu lekang hingga sekarang, bahwa pantai selatan diyakini berpenghuni.

Sekurangnya ada sembilan pantai di Jawa yang sering dikaitkan dengan ratu laut selatan tersebut. Kalau bukan karena kesaksian akan kemunculan sosok gaib itu, cerita kejanggalan dan kejadian mistis selalu menghiasinya. Di mana saja?

1. Pantai Parang Kursi, Banyuwangi

Pantai Parang Kursi. (Banyuwangibagus)
Pantai Parang Kursi. (Banyuwangibagus)

Pantai ini memang jarang dikunjungi wisatawan karena belum benar-benar terkenal. Di tempat ini, ada sebuah batu karang berukuran besar yang bentuknya mirip dengan kursi di tepi pantai. Konon, karang itu merupakan singgasana Nyi Roro Kidul. Hm, benar nggak, ya?

2. Pantai Pelabuhan Ratu, Sukabumi

Pelabuhan Ratu Sukabumi. (Berbagi-catatanku.blogspot)
Pelabuhan Ratu Sukabumi. (Berbagi-catatanku.blogspot)

Dari namanya saja kamu tentu tahu kaitan erat pantai ini dengan Nyi Roro Kidul, sang ratu penguasa laut selatan. Konon, di Pantai Pelabuhan Ratu terdapat pintu gaib yang langsung mengarah ke Kerajaan Laut Selatan.

Di sekitar pantai tersebut, ada kamar hotel yang dikhususkan bagi Nyi Rodo Kidul dan nggak pernah disewakan bagi pelanggan, lo. Berani menginap?

3. Pantai Parangtritis, Bantul

Pantai Parangtritis. (Travelspromo/Google Maps/Calvin Lee)
Pantai Parangtritis. (Travelspromo/Google Maps/Calvin Lee)

Kalau tempat ini, nggak perlu ditanya lagi, ya! Konon, banyak orang yang mengaku melihat Nyi Roro Kidul di Parangtritis. Bahkan, ada legenda yang menyebut, orang yang bermain di pantai ini dengan mengenakan baju hijau akan hilang karena dibawa ke Kerajaan Laut Selatan.

Selain Parangtritis, pantai sebelahnya yakni Parangkusumo, juga memiliki cerita mistis yang kurang lebih sama.

4. Pantai Ngliyep, Malang

Pantai Ngliyep. (Kanalmalang)
Pantai Ngliyep. (Kanalmalang)

Di tengah laut Pantai Ngliyep, Malang, disebut-sebut ada gunung mistis bernama Gunung Kumbang, salah satu tempat favorit Nyi Roro Kidul untuk bertapa.

5. Pantai Watu Ulo, Jember

Pantai Watu Ulo. (Kompas/Anggara Wikan Prasetya)
Pantai Watu Ulo. (Kompas/Anggara Wikan Prasetya)

Seorang juru kunci pantai ini bahkan mengaku pernah bertemu Nyi Roro Kidul. Sosoknya muncul berpakaian serba hijau sembari tersenyum. Gara-gara hal ini, Pantai Watu Ulo pun ikut-ikutan dianggap terkait dengan Sang Ratu Kidul.

6. Pantai Karang Hawu, Sukabumi

Pantai Karang Hawu Sukabumi. (Superadventure)
Pantai Karang Hawu Sukabumi. (Superadventure)

Kabarnya, di Pantai Karang Hawu Sukabumi ada tebing yang digunakan Nyi Roro Kidul untuk menceburkan diri. Setelah itu, ia kembali lagi ke daratan.

7. Pantai Papuma, Jember

Pantai Papuma, Jember. (Kompasiana)
Pantai Papuma, Jember. (Kompasiana)

Di sini, sering ada wisatawan hilang terbawa ombak secara misterius. Menurut warga, wisatawan yang hilang ini menjadi tumbal untuk Nyi Roro Kidul. Seram juga, ya Millens.

Pantai Sembukan, Wonogiri

Pantai Sembukan (Widhaks.blogspot)
Pantai Sembukan (Widhaks.blogspot)

Di Sembukan pun kabarnya ada pintu gaib ke-13 menuju kerajaan Nyi Roro Kidul. Pintu gaib ini kabarnya dipakai untuk bertemu penguasa Kesunanan Surakarta.

Pantai Rajegwesi Banyuwangi

Pantai Rejegwesi. (Tempatwisata)
Pantai Rejegwesi. (Tempatwisata)

Ada seorang pedagang di Rajegwesi yang mengaku pernah didatangi perempuan berpakaian kebaya yang dia anggap sebagai Nyi Roro Kidul. Banyak orang yang kemudian percaya jika Sang Ratu Selatan sering mengunjungi pantai ini.

Dari 9 pantai di Jawa yang sering dikaitkan dengan Ratu Laut Selatan ini, adakah yang pernah kamu kunjungi? Meski mistis, deretan pantai tersebut menawan, kok! (Idn/IB28/E03