Supaya Lancar, Ini Tips Hadapi Wawancara Kerja

Supaya Lancar, Ini Tips Hadapi Wawancara Kerja
Ilustrasi melakukan wawancara kerja. (Getty Images)

Agar pekerjaan impian berhasil kamu dapatkan, wawancara kerja mesti dilalui dengan lancar dan profesional. Tips-tips berikut dapat diterapkan untuk melalui wawancara kerja dengan lancar.

Inibaru.id – Setelah mengirimkan surat lamaran ke banyak perusahaan, kamu akhirnya dapat panggilan wawancara? Wah, selamat ya! Kamu tinggal selangkah lagi meraih pekerjaan impian.

Eh, tapi jangan lupa segera mempersiapkan diri agar wawancara dapat dilalui dengan baik ya. kalau wawancara kerjamu lancar, peluangmu mendapatkan pekerjaan tersebut lebih terbuka lebar. Tips-tips berikut dapat kamu terapkan agar wawancara dapat berjalan dengan lancar.

Pelajari Latar Belakang Perusahaan

Pelajari latar belakang perusahaan sebelum memulai wawancara. (Shutterstock)

Sebelum menjalani wawancara, bekali dirimu dengan informasi yang cukup tentang perusahaan yang kamu lamar. Kamu bisa mendapatkan informasi dari situs resmi perusahaan, berita, serta ulasan yang diberikan warganet. Nggak cukup informasi umum, pelajari pula visi misi perusahaan serta posisi pekerjaan yang kamu lamar di perusahaan tersebut.

Jangan Sampai Terlambat

Hindari terlambat saat datang wawancara kerja. (Science.knote)

Terlambat saat wawancara? Duh, jangan sampai terjadi ya! Datang terlambat dapat membuatmu dinilai sebagai orang yang nggak disiplin dan nggak menghargai waktu. Datanglah minimal tiga puluh menit sebelum waktu wawancara yang telah ditentukan. Kalau perlu, buat pengingat di ponselmu tentang jadwal wawancara.

Berpenampilan Rapi Sesuai Profil Perusahaan

Sesuaikan penampilanmu dengan profil perusahaan. (Job Hunting Center)

First impression is important. Yap, kesan pertama dapat menjadi gambaran pewawancara tentang dirimu. Untuk itu, kamu mesti berpenampilan rapi dan menarik. Penting juga bagimu untuk menyesuaikan penampilan dengan profil perusahaan yang kamu lamar.

Jika kamu melamar di perusahaan formal, kenakanlah pakaian yang formal pula. Sementara, jika melamar ke perusahaan startup, kamu bisa berpenampilan dengan lebih santai tapi tetap rapi dan sopan.

Perhatikan Sikap

Jaga sikap sejak sebelum memulai wawancara. (Getty Images)

Jagalah sikapmu saat wawancara bahkan sejak memasuki lobi perusahaan. Kendalikan dirimu agar tetap tenang dan profesional. Yap, bisa jadi orang yang kamu temui di logi adalah si pewawancara.

Siapkan Kalimat Perkenalan yang Menarik

Rangkailah kalimat perkenalan yang menarik dan nggak bertele-tele. (Shutterstock)

Perkenalkan latar belakang dirimu dengan singkat namun informatif. Jangan lupa katakan pengalaman dan kelebihanmu yang relevan dengan posisi pekerjaan yang kamu lamar. Kamu memang perlu menonjolkan kelebihan yang kamu miliki. Namun, hal itu bukan berarti menyombongkan diri ya, Millens.

Lakukan Kontak Mata

Menghindari kontak mata dapat mengurangi penilaian pewawancara terhadapmu. (Pharmatips.doyouknow)

Saat wawancara berlangsung, jangan lupa untuk melakukan kontak mata secara intens dengan pewawancara. Berikan tatapan yang percaya diri namun nggak terlihat angkuh. Kontak mata yang intens akan membuat pewawancara lebih yakin dengan apa yang kamu ucapkan. Namun, sebaliknya, menghindari kontak mata dapat menimbulkan kesan kamu sedang berbohong atau nggak yakin dengan apa yang kamu ucapkan.

Tanyakan Langkah Selanjutnya

Tutuplah wawancara dengan mengesankan. (Frisianflag)

Di akhir wawancara, kamu dapat menegaskan bila benar-benar tertarik dengan posisi yang kamu lamar. Tanyakan pula langkah selanjutnya setelah wawancara misalnya perkiraan waktu kamu akan dihubungi jika lolos. Jangan lupa ucapkan terima kasih pada pewawancara ya!

Menjalani wawancara kerja memang terlihat mendebarkan. Namun, bukan berarti kamu nggak bisa melaluinya dengan baik. Hadapilah wawancara dengan tenang dan profesional. Semoga wawancaramu berjalan dengan lancar ya! (IB10/E04)