7 Tanda Kamu Menjalani Toxic Relationship

7 Tanda Kamu Menjalani <em> Toxic Relationship </em>
Ilustrasi pasangan yang sedang bermasalah. (Hey Sigmund)

Seringkali seseorang nggak sadar kalau dirinya terjebak dalam hubungan nggak sehat alias toxic relationship . Kalau kamu merasakan tujuh tanda ini, bisa saja hubunganmu memang nggak sehat, Millens

Inibaru.id – Dalam sebuah hubungan percintaan, sebuah pasangan biasanya akan saling menguatkan, mendukung, dan memberi kebahagiaan. Namun, nggak jarang kamu menghadapi pasangan dengan sifat berkebalikan. Kalau begitu, ada kemungkinan kamu terjebak dalam toxic relationship atau hubungan nggak sehat.

Idntimes.com, (10/10/2018), menulis toxic relationship adalah hubungan yang sudah nggak sehat dan cenderung merugikan diri sendiri maupun pasangan. Hubungan yang buruk ini dapat terlihat dari tindakan pasangan yang sangat jelas melanggar batas, seperti pelecehan dalam bentuk fisik, emosional, verbal, atau finansial.

Menjalin hubungan macam ini jelas nggak baik untuk kesehatan mental karena bisa mengakibatkan dirimu stres dan merasa tertekan. Bila sudah begitu, tatanan kehidupanmu bakal terganggu.

Namun, sejumlah pasangan nggak sadar bila mereka terjebak dalam hubungan nggak sehat ini. Nah, untuk mengetahuinya, hal-hal ini bisa dijadikan penandanya, Millens.

Komunikasi Nggak Berjalan Baik

Ilustrasi saling memberi jarak. (Kitamuda)

Sepadat dan sesibuk apapun aktivitas, pasti akan ada waktu di sela-sela kegiatan yang bisa digunakan untuk saling bertukar kabar. Minimal, kamu dan pasangan akan merasakan rindu dan tebersit rasa ingin bertemu. Namun, bila kamu sama-sama menjauh, nggak saling merindukan satu sama lain, atau melarikan diri dari setiap masalah dalam hubungan, bisa saja hubunganmu sudah nggak berjalan lancar.

Cemburu yang Nggak Sehat

Ilustrasi cemburu. (Youtube)

Cemburu memang hal yang wajar dalam jalinan asmara. Eits, tapi apa jadinya kalau kecemburanmu terhadap pasangan atau sebaliknya terlalu over? Pasti nggak nyaman lagi. Sikap tersebut secara nggak langsung mencermikan bila kamu dan pasangan sudah nggak saling percaya sehingga timbul rasa curiga.

Terisolasi

Ilustrasi pacar yang mengekang. (Shutterstock/Creativa)

Kalau pasanganmu over-protective, ada kemungkinan kamu berada dalam toxic relationship. Kamu nggak bisa menjalani hari-harimu secara wajar karena khawatir dia marah waktu melihatmu berteman dengan orang lain. Lebih parah lagi kalau dia nggak senang saat kamu mengutamakan keluarga. Waduh!

Nggak Bisa Menjadi Diri Sendiri

Ilustrasi merasa kehilangan diri sendiri. (Urbanwomen)

Berubah demi kebaikan diri saat bersama pasangan adalah hal yang normal dilakukan setiap orang. Namun, bagaimana bila pasangan memintamu untuk berubah secara utuh untuknya? Ini tentu bukan hal yang baik untuk dirimu.

Selalu Menyalahkanmu

Ilustrasi pasangan yang sering menyalahkan. (Bisikan)

Setiap ada permasalahan, kalian nggak pernah saling berbicara dan mendengarkan. Dia hanya selalu menyalahkan atas segala masalah yang menimpa hubunganmu atau dirinya pribadi. Saat sedang badmood pun, kamu adalah sumber masalah baginya. Situasi seperti ini jelas menandakan jika kamu berada dalam toxic relationship.

Sikap Kompetitif yang Berlebihan

Ilustrasi bersaing dengan pasangan. (Idntimes)

Sikap kompetitif dalam hubungan adalah hal yang baik. Namun, hubungan yang baik adalah saat pasangan saling mendukung mencapai tujuan dan bahagia bersama. Kalau kompetitif yang kalian jalani sampai membuatmu tertekan atau membuat dia nggak senang dengan pencapaianmu yang lebih tinggi, bisa jadi kamu sedang menjalani hubungan nggak sehat.

Nggak Lagi Merasa Bahagia

Ilustrasi hubungan yang nggak bahagia berpotensi kandas di tengah jalan. (Baca)

Menjalin hubungan dengan seseorang yang kamu cintai pasti sangat membahagiakan, ya, Millens. Namun, bila kamu masih menanyakan apakah kamu bahagia bersamanya, ada potensi kamu terjebak dalam toxic relationship. Hubungan yang sehat adalah hubungan yang nggak ada keraguan bagimu menjalaninya.

Kalau kamu merasakan tanda-tanda itu, besar kemungkinan hubunganmu nggak sehat, Millens. Coba deh resapi lagi apakah hubunganmu sehat dan perlu dilanjutkan? (IB07/E04)