Hati-Hati! Ini 7 Tanda Kamu Lebay Berolahraga

Olahraga memang baik, namun jika berlebihan akan menyebabkan dampak nggak baik buat tubuh. Kamu bisa mengetahui apakah olahraga yang kamu lakukan berlebihan atau nggak dengan melihat ciri-ciri berikut ini!

Hati-Hati! Ini 7 Tanda Kamu Lebay Berolahraga
Olahraga berlebih juga nggak baik, ya. (Irishtime)

Inibaru.id - Bagi sebagian orang, aktivitas berkeringat atau berolahraga begitu banyak digemari. Apalagi jika hormon bahagia meningkat. Namun saking semangatnya, kamu nggak menyadari kalau mereka sudah overtraining alias terlalu berlebihan.

Overtraining bisa juga diartikan dengan kondisi tubuh atau performa yang menurun karena terlalu banyak berolahraga tanpa adanya pemulihan yang cukup.

Biasanya orang awam nggak mengerti apakah dia sudah terlalu banyak berolahraga sebelum ada tanda yang mencolok muncul seperti cedera misalnya. Nah, uraian ini adalah tanda-tanda yang menunjukan kalau kamu sudah berlebihan olahraga atau overtraining.

Tubuh Menjadi Lemah

Kurang lebih rasanya kamu seperti memanggul beban lebih berat di tubuh, namun setelah itu nggak ada hasil yang tampak setelah kamu melakukannya. Pengaruh juga ada di ketahahan dan kekuatan tubuhmu untuk melakukan olahraga lebih lama. Kalau sudah ada gejala itu, bisa jadi suatu tanda kalau kamu telah melakukan banyak olahraga.

Mood Berantakan

Berlebihan olahrga juga bisa memengaruhi kestabilan emosi kamu. Kadang kamu bisa merasa stres, cemas, depresi, dan semangat yang berubah-ubah. Kalau sudah ada gejala itu alangkah baiknya kamu memerhatikan intensitas olahraga kamu.

Perubahan Hormon

Untuk hal ini ditandai oleh rasa nyeri dan bisa membuat tubuh kamu nggak bisa tidur dengan nyenyak selama tujuh jam. Tanda tersebut merupakan bagian dari adanya kelelahan. Kelelahan bisa jadi terjadi karena tingginya level kortisol (level stres) dalam tubuh.

Mudah Sakit

Olahraga yang terlalu banyak dan melebih ukuran normal bisa menyebabkan kelelahan. Dari kelelahan tersebut bisa memengaruhi sistem imun tubuh. Hasilnya, tubuh bisa lebih mudah sakit. Kalau sakit sebaiknya istirahat dulu dari olahraga, sebab jika dipaksa nantinya akan memperparah sakit.

Menyebabkan Peradangan Otot

Olahraga yang berlebihan bisa menyebabkan peradangan otot. Rasa sakit akan menjalar ketika kamu olahraga dengan berlebihan. Jika diteruskan dan nggak memberi waktu untuk istirahat, ototmu akan semakin sakit dan potensi untuk mudah cedera semakin besar.

Dapat Mengganggu Siklus Menstruasi

Bagi wanita, jika melakukan olahraga berlebihan akan mengganggu siklus menstruasi. Nggak hanya itu saja, diet ekstrim juga nggak begitu baik untuk dilakukan. Hasilnya bukan menjadi bentuk tubuh yang diinginkan namun malah bisa mendatangkan penyakit.

Kehilangan Massa Otot

Kamu bisa mencoba mengeceknya di gym. Kamu perhatikan yang berkurang massa lemak atau otot. Jika yang berkurang massa otot berarti kamu sudah melakukan olahraga yang terlalu keras.

Begitulah tanda-tanda kalau kamu terlalu banyak olahraga, Millens. Olahraga memang baik ya, namun jika melakukannya secara berlebihan juga nggak baik. (IB28/E05)