7 Rekomendasi Aplikasi Pembukuan Android untuk Bisnis Kecil

7 Rekomendasi Aplikasi Pembukuan Android untuk Bisnis
Kecil
Aplikasi pembukuan android dibuat dengan berbagai macam fitur untuk memudahkan perusahaan atau usaha bisnis tertentu untuk mengatur keuangannya. (jurnalid)

Di era digital seperti saat ini, ada banyak software atau aplikasi yang dibuat secara khusus untuk memudahkan kinerja manusia dalam berbagai hal. Salah satunya adalah aplikasi pembukuan android yang dapat digunakan untuk kebutuhan dalam menjalankan operasional bisnis skala kecil maupun besar.

Inibaru.id - Aplikasi-aplikasi pembukuan android dibuat dengan berbagai macam fitur yang dapat memudahkan kinerja Anda dalam menjalankan sebuah bisnis, khususnya yang berkaitan dengan keuangan perusahaan atau usaha Anda. Lewat fitur dalam software tersebut, Anda pun tak perlu lagi melakukan perhitungan secara manual atau penyimpanan data dengan cara konvensional karena semuanya dapat dilakukan lebih mudah secara digital.

Nah, bagi Anda yang saat ini sedang mencari aplikasi pembukuan untuk bisnis yang mumpuni dan dapat digunakan lewat gawai atau perangkat ponsel android Anda, berikut kami akan memberikan beberapa rekomendasi aplikasi pembukuan android yang bisa Anda coba.

7 Rekomendasi Aplikasi Pembukuan Android untuk Bisnis Kecil

1. Jurnal by Mekari

Salah satu perangkat lunak pembukuan android yang bisa Anda coba gunakan adalah Jurnal by Mekari. Di halaman aplikasi mobile Jurnal di https://www.jurnal.id/id/fitur/mobile-app/, Dijelaskan bahwa software yang satu ini sudah banyak digunakan dan dipercayai oleh berbagai macam jenis usaha, mulai dari mikro, kecil, menengah bahkan yang sudah berskala besar sekali pun.

Jurnal menawarkan berbagai macam keunggulan lewat fitur-fiturnya yang lengkap dan mudah untuk digunakan. Setiap fasilitasnya dibuat sedemikian rupa agar dapat memudahkan operasional akuntansi dan pembukuan dalam bisnis Anda berjalan dengan lebih baik dan efisien. Dengan demikian, akuntan dalam perusahaan dapat menghemat lebih banyak waktu dan bisa menggunakan sisanya untuk menyelesaikan pekerjaan yang lain.

Fitur unggulan yang ditawarkan pun cukup beragam mulai dari Laporan Keuangan, Pengelolaan Arus Kas, Akuntansi, Invoice dan Faktur, Inventory hingga Perpajakan. Selain itu, aplikasi Jurnal by Mekari tak hanya hadir di Android namun juga dapat Anda gunakan melalui desktop atau komputer. Sehingga Anda bisa menyesuaikannya dengan preferensi gadget yang lebih memudahkan Anda untuk bekerja.

Sebagai seorang pelaku usaha yang tak banyak menghabiskan waktunya di tempat bisnis. Anda juga bisa menggunakan Jurnal by Mekari ini sebagai aplikasi yang dapat memantau kondisi arus kas perusahaan secara real-time. Setiap transaksi pemasukan atau pengeluaran yang dicatat oleh akuntan Anda dapat dipantau setiap saat sehingga Anda pun tak perlu khawatir.

Yang membedakan Jurnal dengan aplikasi pembukuan android lainnya adalah tampilannya yang modern dan mudah dipahami bahkan oleh orang awam sekali pun. Layanan after sales yang baik melalui fitur live chat juga menjadi salah satu keunggulan tersendiri yang jarang Anda temukan di aplikasi lain.

Bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan Jurnal by Mekari sebagai aplikasi pembukuan usaha yang sedang Anda jalankan, Jurnal juga menyediakan trial 14 hari gratis yang bisa Anda coba manfaatkan. Tertarik?

2. Money Manager - Expense & Budget

Aplikasi pembukuan Android yang bisa Anda coba berikutnya adalah Money Manager. Sedikit berbeda dengan Jurnal yang memiliki fitur-fitur cukup lengkap dengan inventaris, pajak dan lain sebagainya.

Sesuai dengan nama aplikasinya, Money Manager - Expense & Budget dibuat khusus hanya untuk keperluan pencatatan keuangan dalam perusahaan maupun kebutuhan personal.

Aplikasi yang satu ini lebih mirip seperti pembukuan sederhana yang hanya mencatat transaksi uang masuk dan keluar dengan demikian, setiap transaksi yang sudah Anda lakukan dapat dilacak kapan saja. Meski dibuat oleh perusahaan yang berbasis di Korea, Money Manager menyediakan fitur bahasa yang dapat disesuaikan dengan preferensi penggunanya, lho.

Kalau nggak begitu mahir berbahasa Inggris, jangan khawatir! Aplikasi ini juga tersedia dalam Bahasa Indonesia sehingga Anda pun dapat menggunakannya tanpa harus repot atau bingung menerjemahkan isi fitur di dalamnya.

Sebagai informasi tambahan, aplikasi Money Manager ini lebih cocok digunakan untuk pencatatan keuangan usaha atau bisnis kecil dan kebutuhan pribadi. Bagi Anda yang sudah menjalankan bisnis berskala besar atau memiliki banyak cabang, tentu aplikasi ini kurang menunjang kebutuhan bisnis Anda.

3. Quickbooks

Berikutnya ada Quickbooks yang juga menyasar para pelaku usaha kecil untuk menggunakan aplikasinya. Software yang satu ini memiliki serangkaian fitur unggulan mulai dari melacak transaksi keuangan dalam bisnis, pembuatan custom invoice, dapat terkoneksi dengan akun bank, laporan yang informatif, inventori hingga dapat digunakan oleh beberapa orang sekaligus dalam satu akun.

Selain itu, laporan yang dapat ditampilkan oleh aplikasi ini cukup lengkap, lo. Anda bisa mendapatkan berbagai macam jenis laporan keuangan yang dibutuhkan oleh usaha Anda. Mulai dari laporan penjualan, pembelian, laba rugi hingga yang paling kompleks seperti neraca.

Menariknya lagi, Quickbooks juga bisa digunakan untuk mengelompokkan jenis transaksi berdasarkan kategorinya. Jadi Anda akan mendapatkan laporan laba rugi yang terstruktur dan sesuai dengan kelompoknya masing-masing.

Perangkat lunak yang satu ini dapat diakses melalui ponsel baik Android maupun iOS serta desktop (PC atau Laptop). Dengan jumlah pengguna yang telah mencapai lebih dari 4 juta dari seluruh dunia, Quickbooks menjadi salah satu aplikasi pembukuan keuangan usaha kecil yang layak untuk dicoba.

Seperti halnya Jurnal, Quickbooks juga memberlakukan sistem berbayar di mana Anda harus berlangganan terlebih dahulu untuk dapat menggunakan semua fitur-fiturnya. Tertarik untuk mencoba?

4. Wave Financial

Wave Financial adalah software akuntansi yang berasal dari Kanada dan sudah berdiri sejak tahun 2010. Bahkan di tahun pertamanya, Wave berhasil mendapatkan 100 ribu pengguna yang merasakan manfaat dari software mereka. Nah, dengan track record-nya yang sudah selama itu, tentu aplikasi ini sudah melewati banyak perkembangan dari ragam fitur maupun tampilan yang digunakan.

Tak heran jika sampai saat ini, Wave menjadi salah satu accounting software yang cukup digemari banyak orang. Fitur yang disajikan oleh Wave sebenarnya juga cukup lengkap. Mulai dari pencatatan transaksi keuangan bisnis, pembuatan invoice, dapat terhubung dengan akun bank, perhitungan pajak dan lain sebagainya.

Hanya saja, kekurangan dari Wave adalah karena dibuat di Kanada, tampilan aplikasi ini mungkin agak sulit dipahami bagi orang Indonesia. Sehingga membutuhkan pemahaman lebih lanjut terkait setiap fitur yang ada di dalamnya.

5. Xero Accounting

Beralih ke Xero Accounting yang merupakan software buatan perusahaan perangkat lunak dari New Zealand. Aplikasi yang satu ini tak hanya hadir dalam versi desktop, namun juga dapat Anda temukan di ponsel pintar baik Android maupun iOS.

Kelebihan Xero dibandingkan software akuntansi lain adalah tampilannya yang sederhana sehingga memudahkan siapapun dalam menggunakannya. Bahkan, aplikasi ini juga memungkinkan para pelaku usaha dapat menerima pembayaran secara daring dari pelanggan melalui integrasi Xero Accounting dengan Stripe dan Gocardless.

Xero Accounting juga merupakan software berbasis cloud yang artinya seluruh data keuangan yang Anda simpan dapat terjaga dengan aman. Anda tak perlu khawatir apabila ponsel atau gawai yang Anda gunakan rusak atau hilang, karena dengan sistem cloud-based tersebut data Anda tetap tersimpan dalam akun tanpa terdampak sama sekali. Anda juga bisa mendapatkan free trial selama 30 hari sebelum Anda memutuskan untuk menggunakannya.

Kekurangan dari Xero Accounting adalah customer service yang buruk. Di mana membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan respon dari mereka atas kendala atau keluhan yang mungkin Anda temui selama penggunaan aplikasi ini. Meski bukan masalah yang besar, namun cukup meresahkan apabila Anda menemukan bug di software ini dan sulit menghubungi layanan konsumen yang suportif.

6. Freshbooks

Aplikasi pembukuan Android yang selanjutnya adalah Freshbooks. Invoice dalam bisnis menjadi salah satu komponen penting yang harus selalu diperhatikan dan dibuat dengan teliti.

Nah, jika Anda mencari aplikasi yang mendukung pembuatan custom invoice sesuai dengan preferensi, Freshbooks dapat dijadikan pilihan. Anda bisa membuat, menerima, membayar, mengirim, ataupun mencetak invoice sekaligus memenuhi kebutuhan pembukuan yang mendasar dalam bisnis.

Kelebihan dari Freshbooks sendiri adalah tampilannya yang modern dan mudah dipahami. Aplikasi ini juga dapat diintegrasikan dengan perangkat lunak lain dari pihak ketiga. Operasional Freshbooks juga dijalankan dengan berbasis cloud sehingga data Anda akan tersimpan dengan aman dan dapat diakses di mana pun, kapan pun.

Biaya berlangganan Freshbooks juga terbilang cukup terjangkau perbulannya mulai dari $7,50. Selain itu terdapat beberapa macam paket berlangganan yang bisa Anda pilih, tentunya dengan harga dan fitur berbeda yang bisa Anda dapatkan.

Sayangnya, fitur-fitur lengkap Freshbooks kebanyakan hanya dapat Anda akses melalui desktop (PC atau Laptop). Sedangkan untuk aplikasi di ponsel, Anda hanya dapat menggunakannya untuk keperluan invoice maupun accounting dasar. Selain itu, aplikasi ini juga tidak memiliki fitur seperti inventaris dan payroll.

7. Zoho Books

Di urutan terakhir daftar rekomendasi kami ada Zoho Books yang memiliki reputasi cukup baik di kalangan para akuntan maupun para pelaku usaha kecil hingga yang sudah berskala besar. Aplikasi ini memiliki fungsi utama sebagai pencatatan transaksi keuangan sehari-hari, membuat invoice digital, menerima pembayaran, membantu perhitungan pajak bahkan hingga menyiapkan laporan audit.

Kekurangan dari Zoho Books sendiri terletak dari keterbatasan fitur yang terdapat di dalam aplikasi Android maupun iOS-nya. Untuk versi lebih lengkap dan kompleksnya, Anda harus membuka software ini dari PC maupun Laptop yang Anda gunakan.

Selain itu, Zoho Books juga memiliki harga berlangganan yang cukup pricey (mahal) mulai dari 10 USD perbulannya. Namun jangan khawatir, karena perangkat ini juga dapat digunakan secara gratis dengan beberapa fitur yang terbatas.

Sedangkan kelebihannya dapat diperoleh dari ragam fitur yang lengkap serta Anda juga bisa menambahkan pengguna lain dalam satu akun yang sama. Sehingga nantinya, Zoho Books dapat digunakan secara bersamaan dengan akuntan dalam perusahaan maupun kolega Anda. Menarik, bukan?

Itulah tadi beberapa macam rekomendasi aplikasi pembukuan Android dan iOS yang bisa Anda coba untuk membantu mempermudah jalannya operasional bisnis Anda. Sebagai seorang pelaku usaha, Anda sendirilah yang mengetahui mana aplikasi yang tepat dan dapat memenuhi kebutuhan pencatatan keuangan dalam bisnis tersebut.

Jika Anda masih ragu menggunakan beberapa di antaranya, beberapa daftar aplikasi yang telah kami sebutkan di atas juga menyediakan masa percobaan gratis yang bisa Anda manfaatkan. Selamat mencoba! (ADS/E01)