7 Persiapan Menyambut Bulan Suci Ramadan 2021

7 Persiapan Menyambut Bulan Suci Ramadan 2021
Sudah mau Ramadan, yuk siapkan segala sesuatunya. (Inibaru.id/ Annisa Dewi)

Sebentar lagi, umat muslim di seluruh dunia bakal memasuki bulan suci Ramadan. Karena ini bulan istimewa, rasanya nggak berlebihan jika sejumlah persiapan khusus dilakukan untuk menyambutnya. 

Inibaru.id – Bulan suci Ramadan sudah di ambang pintu. Ramadan merupakan bulan yang dinanti-nantikan umat muslim di seluruh dunia. Selain berpuasa, semua hal baik yang dilakukan bernilai ibadah, termasuk tidur.

Meski Ramadan tahun ini masih dilingkupi pandemi, sebagai muslim, kita tetap harus bersuka cita menyambutnya dengan berbagai persiapan berikut.

Persiapan Jelang Ramadan

1. Cuci Semua Peralatan Ibadah

Kamu bisa mulai menyambut bulan suci Ramadan dari dalam lemari. Agar kamu lebih nyaman beribadah, bersihkan semua peralatan ibadah seperti mukena, sarung, dan sajadah. Kamu  juga bisa memisahkan peralatan ibadah khusus tarawih dan salat 5 waktu. Jika sudah dipisah, keluarga nggak perlu nungguin kamu menata alat ibadah untuk pergi ke masjid bersama.

2. Beri Perhatian pada Area Makan

Selama bulan Ramadan nanti, ruangan yang akan menjadi tempat favorit keluarga adalah area makan. Biar menjadi tempat yang layak ditunggu, kamu bisa mengatur ruangan ini menjadi lebih apik.

Terlebih lagi, jika kamu pengin menjadikan ruangan ini area berkumpul keluarga atau teman-teman saat buka puasa bersama nanti. Kamu bisa menata perabotan atau bahkan menyingkirkannya agar tampak luas dan beda.

Mempersiapkan menu buka puasa juga merupakan ibadah yang berpahala. Karena itu, kamu perlu memperhatikan kebersihan area ini agar kamu pun bersemangat. O ya, jangan sampai semangatmu dalam memasak sampai lupa berhemat ya. Masaklah makanan sesuai kebutuhan saja agar nggak sampai bersisa dan akhirnya terbuang.

Kalau pun masih banyak sisa, jangan malu untuk membagikannya kepada orang lain. Puasa sejatinya juga mengasah ketajaman spiritual. Bener nggak?

3. Bersihkan Dapur

Atur dan bersihkan semua peralatan memasak. Dengan menata semua peralatan sesuai tempatnya, kamu bisa menghemat waktu memasak. Kamu juga bisa memberi label pada semua bumbu atau rempah agar nggak bingung lagi ketika masak sahur. Maklum, biasanya mata masih setengah terpejam saat itu.

Taruh alat masak yang biasa dipakai pada tempat yang gampang diakses. Tempatkan makanan yang sudah mau kedaluarsa agar digunakan lebih dulu.

4. Susun Daftar Menu Buka Puasa dan Sahur

Catat menu buka puasa dan sahur seminggu sebelum puasa. (Freepik)
Catat menu buka puasa dan sahur seminggu sebelum puasa. (Freepik)

Agar menghemat waktu belanja dan masak, buat daftar menu yang ingin dibuat setidaknya selama seminggu sebelum bulan puasa tiba. Kamu akan punya waktu untuk memilih menu yang disukai keluarga ketika Ramadan. Tiap keluarga biasanya memiliki menu khusus yang telah menjadi tradisi. Nah, ini saatnya untuk mengeksekusi.

Tulis semua bahan dan bumbunya agar nggak ada yang terlewatkan. Jangan sampai waktu Ramadanmu habis untuk bolak-balik rumah-swalayan ya.

5. Siapkan Makanan Matang Lebih Dulu

Kamu bisa menyiapkan bahan yang lebih praktis di masak dengan mengolahnya setengah matang. Misalnya, menyimpan ungkep ayam ke dalam freezer untuk persiapan sahur. Dengan begitu, kamu tinggal menggorengnya. Hm, hemat waktu kan?

6. Hiasi Rumahmu

Nggak ada salahnya untuk menghias rumah dengan pernak-pernik Ramadan. Hiasan Ramadan juga dapat membuat keluarga merasakan semangat menjalani bulan suci. Kamu bisa berinvestasi untuk membeli barang-barang kecil seperti jadwal imsakiyah, kaligrafi minimalis, dan lain-lain.

7. Jaga Kesehatan Tubuh dan Makan yang Sehat

Hal yang paling penting dari semua sambutan ini adalah jasmani yang sehat. Kamu butuh stamina terbaik untuk menjalani ibadah puasa selama sebulan penuh. Terlebih pada masa pandemi seperti sekarang ini.

Kalau perlu berolahraga dan mengonsumsi juga vitamin untuk menambah daya tahan tubuh. Pastikan juga kamu rutin mengonsumsi buah dan sayur ya.

So, sudah siap menyambut bulan suci Ramadan tahun ini, Millens? (Pop/IB21/E07)