7 Payroll Software Indonesia untuk Gaji Karyawan yang Lebih Aman

7 Payroll Software Indonesia untuk Gaji Karyawan yang Lebih Aman
Perhitungan gaji karyawan dengan payroll software jadi lebih praktis, instan, dan aman. (Freepik)

Payroll software nggak jadi hal asing lagi saat ini. Khususnya untuk bagian Human Resources Department (HRD) pada suatu perusahaan atau institusi. Payroll atau software penggajian untuk para karyawan sudah menjamur di pasaran.    

Inibaruid - Ragam bentuk payroll software hadir dengan berbagai fitur yang menarik dan tentunya sangat membantu kinerja perusahaan. Penghitungan gaji karyawan beserta insentifnya nggak perlu lagi menggunakan cara manual. Selain karena rumit juga berisiko terjadi kesalahan.

Jika sudah terjadi kesalahan, bisa mengakibatkan timbul masalah lainnya dan berpengaruh pada pekerjaan lain. Sungguh disayangkan jika hal itu sampai terjadi. Sebanyak apapun karyawan, jika pembayarannya menggunakan payroll software terbaik, maka prosesnya bisa cepat.

Daftar Payroll Software Terbaik Terjamin Aman

Sayangnya nggak semua software payroll memiliki kemampuan dan fitur terpercaya. Kami hadirkan beberapa payroll, yang pengguna tidak perlu meragukan kualitas dan keamanannya lagi. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini:

1. Talenta

Fiturnya:

1.      Hasil perhitungan akurat

2.      Proses terjamin aman

3.      Pembayaran gaji yang fleksibel

Rekomendasi software payroll pertama adalah Talenta, menjadi salah satu tools dengan fitur melimpah asal Indonesia. Seperti perhitungan, pembayaran, laporan payroll, dan slip gaji generator. Sudah bekerjasama dengan Kominfo membuat software ini menjamin keamanan.

Sudah terintegrasi dengan data lembur, absensi karyawan, dan cuti. Perhitungan payroll jadi lebih praktis dan instan. Kemampuan perhitungannya meliputi, pajak penghasilan (PPh), BPJS kesehatan, BPJS ketenagakerjaan, penghasilan tidak tetap, dan fitur lainnya.

Untuk biaya yang harus perusahaan keluarkan juga bervariasi, tergantung dengan fitur seperti apa yang mitra kehendaki. Jangan khawatir karena tersedia fitur free trial untuk calon mitra yang akan menggunakan jasa Talenta.

2. GreatDay

Fiturnya:

1.      Fasilitas rekrutmen pegawai

2.      Interface sederhana, sehingga mudah penggunaannya

3.      Manajemen sistem penjadwalan dan laporan yang bagus

GreatDay menjadi simple payroll aplikasi dengan penggunanya yang cukup mendunia. ARNOTT’S, The Ritz Carlton, dan masih banyak pemilik bisnis dengan brand terkenal lain yang menggunakan jasa software ini. Apalagi tampilan antar muka juga cukup menarik.

Proses pengaksesannya bisa berjalan dengan mudah melalui smartphone. Pengguna bisa mengakses melalui semua perangkat yang tersedia Google Play dan App Store. Ada mode demo, yang bisa calon mitra coba gunakan secara gratis.

Fitur unggulan GreatDay terdapat pada layanan rekrutmen karyawan. Jarang sekali Payroll software yang menyediakan layanan tambahan untuk rekrutmen. Dengan memakai software ini, setidaknya bisa membuat beban perusahaan menjadi lebih ringan.

3. JustLogin

Fiturnya:

1.      Lengkap dengan berbagai sistem kalkulasi

2.      Aktif memperbaharui sistem

3.      Tingkat keamanan tinggi

Payroll software dari negeri jiran satu ini populer dengan kualitas, serta kinerjanya yang maksimal. Sistem perhitungan yang cukup variatif seperti, EPF, PCB, SOCSO, EIS, HRDF. Bentuk sistem perhitungan yang tidak semua negara memakainya.

Pengguna juga dapat menggunakan fitur atau elemen yang tersedia tiada batas. Tanpa harus takut ada pengenaan biaya tambahan. Kapan pun laporan perusahaan dibutuhkan, software ini bisa dengan cepat memprosesnya.

JustLogin juga bisa pengguna akses melalui smartphone tanpa repot lagi memakai PC. Sehingga di mana saja dan kapan saja, user bisa memantaunya secara langsung dengan mudah. Ukuran via mobile tergolong ringan dan kamu bisa men-download secara gratis. 

4. Orisoft

Fiturnya:

1.      Data clients terjamin keamanannya

2.      Merekap laporan dengan detail, mulai harian hingga tahunan

3.      Layanan konversi mata uang asing

Jika kamu mencari software berskala internasional, Orisoft adalah pilihannya. Payroll software asal Amerika ini berhasil menghandel manajemen pembayaran perusahaan raksasa. Antara lain, PEPSI, ZALORA, HONDA, dan masih banyak lagi lainnya.

Kalau melakukan pembayaran lintas negara, pengguna Orisoft dapat melakukannya dengan mudah. Melihat fitur konversi mata uang asing yang melingkupinya. Terkait gaji karyawan, mulai dari cuti, izin, sampai tambahan uang lembur, terhandel dalam aplikasi ini.

Payroll software ini memiliki modul sistem manajemen bakat sumber daya manusia yang cukup lengkap. Mulai dari perencanaan, rekrutmen tenaga kerja, manajemen kinerja, kompensasi, kemampuan dan kompetensi, serta pembelajaran. Semuanya menjadi program kerja dari tools ini.

5. Elements Global Services

Fiturnya:

1.      Bisa terakses melalui perangkat apapun

2.      Cloud based technology

3.      Simpel dan laporan yang efektif

Element Global Services terkenal sebagai payroll software dengan Cloud based technology-nya. Layaknya payroll Excel, Element Global memberikan laporan perusahaan dengan detail dan sistematis. Hasil laporannya juga tergolong tidak rumit, maksudnya pembaca dapat dengan mudah memahaminya.

Kantornya tersebar hingga lintas benua. Mulai dari Amerika Utara, Eropa, Amerika Latin, Gurun Afrika, Timur Tengah, dan Asia-Pasifik. Belum lagi pada setiap benua akan memegang brand besar, tidak mengherankan jika kualitasnya sangat bagus di mata dunia.

Hampir semua lembaga dan bisnis dapat dihandle oleh software ini. Seperti teknologi & startup, finansial, instansi pemerintah, non-profit, sumber daya alam, dan pengetahuan dalam hidup. Pembagian setiap segmennya, mampu membuat sistem lebih fokus dan total.

6. Praxima

Fiturnya:

1.      Sistem pembayaran internasional

2.      CS yang responsif

3.      Cocok untuk bisnis rintisan hingga skala global

Software penggajian karyawan dari Kenya yang menerima clients dari seluruh belahan dunia. Tidak mengherankan jika menggunakan sistem pembayaran internasional. Uniknya, Praxima recommended untuk semua tingkatan bisnis, mulai rintisan hingga yang sudah terkenal.

Satu hal yang menjadi pertimbangan calon mitra untuk memilih payroll software, yakni kecepatan respon. Praxima lumayan terkenal dengan admin yang cepat tanggap, sehingga jika terjadi kendala atau masalah pada sistem bisa segera teratasi.

Untuk keamanan sudah pasti terjamin, dari E-mail, password, dan slip pembayaran hanya user yang berhak tahu. Dalam rangka meningkatkan kualitas perusahaan, yang bersangkutan bisa melakukan konsultasi dengan HR yang sudah include dalam software.

7. Gusto

Fiturnya:

1.      Tampilan antar muka simpel dan menarik

2.      Full service payroll

3.      Analisa kualitas kinerja karyawan

Rekomendasi software payroll terakhir yang menyabet penghargaan sebagai best online payroll 2010. Menariknya tampilan interface-nya sangat menarik dan terkesan jauh dari visual menjenuhkan. Para pelaku usaha yang tergolong baru bisa menjadikan Gusto sebagai pilihan.

Cobalah untuk masuk pada lamannya dan nanti kamu akan mendapat suguhan berupa survey pengetahuan tentang payroll. Sehingga untuk pemula nggak perlu ragu lagi untuk mencoba. Nggak cuma itu lo, adapula fitur untuk menganalisa kualitas kinerja karyawan, apakah berkompeten atau sebaliknya.

Bangun tempat kerja yang luar biasa dan kembangkan bisnismu dengan platform lengkap Gusto. Mengingat moto dari software ini, nggak heran kalau mayoritas untuk jenis usaha rintisan. Keren banget kan, Millens

Yap, kini layanan payroll menjadi suatu hal yang krusial untuk sebuah perusahaan. Keberadaannya sangat membantu kinerja sistem yang biasanya harus clients tempuh melalui cara manual.

Berbagai macam payroll software di atas bisa kamu jadikan referensi untuk menentukan pilihan mana yang paling pas untuk perusahaanmu. Selamat mencoba! (Ads/E01)