7 Negara Ini Pernah Memindahkan Ibu Kotanya

7 Negara Ini Pernah Memindahkan Ibu Kotanya
Ibu kota Brasil pernah dipindah dari Rio de Janeiro ke Brasilia. (Depositphotos)

Presiden Joko Widodo sepakat untuk memindahkn Ibu Kota Indonesia ke Luar Jawa. Sebelum ini, pemindahan ibu kota negara sudah beberapa kali terjadi di negara-negara berikut.

Inibaru.id – Rencana Pemerintah Indonesia memindahkan ibu kota dari Jakarta ke luar Pulau Jawa langsung menjadi bahasan hangat di masyarakat. Meski terlihat sebagai hal yang kontroversial, dalam realitanya, sudah banyak negara yang melakukannya, lo.

Sebelum ini, tujuh negara berikut memutuskan untuk memindahkan ibu kota negara karena berbagai alasan tertentu.

Rusia

Gambar terkait

Salah satu sudut di St. Petersburg, Rusia. (Youtube)

Selama ini, Moskow dikenal sebagai Ibu Kota Rusia. Sayang, banyak orang yang nggak tahu jika dulu ibu kota negara Beruang Merah ini adalah St. Petersburg. Rusia memindahkan ibu kotanya ke Moskow sejak 1918.

Belize

Hasil gambar untuk belize city

Belize City pernah jadi Ibu Kota Belize. (Untame Belize)

Belize memindahkan ibu kotanya dari Belize City ke Belmopan pada 1961. Alasan pemindahan ibu kota ini didasari karena anggapan Belize City rawan terkena bencana.

Tanzania

Hasil gambar untuk dar es salaam

Dar es-salaam pernah jadi ibu kota Tanzania. (The Japan Times)

Sebagian buku geografi di Indonesia masih mencantumkan Dar-es-Salaam sebagai ibu kota dari Tanzania. Padahal, sejak 1973, ibu kota negara di bagian timur Benua Afrika ini sudah berpindah ke Dodoma. Namun, masalahnya adalah lokasi Dodoma di pedalaman Tanzania membuat proses pemindahan ibu kota nggak kunjung selesa hingga saat ini. Sebagian besar kantor kementerian dan kedutaan besar negara lain juga masih ada di ibu kota lama.

Kazakhstan

Hasil gambar untuk almaty

Sebelum beribu kota di Astana, ibu kota Kazakhstan ada di Almaty. (Ohitsholiday)

Negara di Asia Tengah ini memindahkan ibu kotanya dari Almaty ke Astana pada 1997 silam. Keputusan ini didasari karena terbatasnya lahan di Almaty sehingga dianggap nggak bisa berkembang. Selain itu, Almaty juga dianggap rawan terkena gempa bumi.

Myanmar

Gambar terkait

Sebelum Napyidaw, ibu kota Myanmar berada di Yangoon. (Law)

Negara tetangga, Myanmar juga memindahkan ibu kota administratifnya dari Yangoon ke Napyidaw sejak 27 Maret 2006. Kota ini pernah menjadi tuan rumah SEA Games ke-27 pada 2013 silam.

Australia

Hasil gambar untuk melbourne

Melbourne sempat jadi ibu kota Australia sebelum 1911. (Telegraph)

Jika membahas kota-kota yang ada di Australia, biasanya hal yang terpikirkan adalah kota-kota besar macam Sidney atau Melbourne. Banyak orang yang bahkan terkejut saat mengetahui bahwa ibu kota dari Australia adalah Canberra.

Yap, ini karena Melbourne sempat jadi ibu kota Australia. Kota yang berpenduduk hanya sekitar 400 ribu orang ini baru menjadi ibu kota Australia pada 1911.

Brasil

Hasil gambar untuk rio de janeiro

Sebelum Brasilia, Rio de Janeiro sempat jadi ibu kota Brasil. (Viator)

Bukan Rio de Janeiro atau Sau Paulo yang namanya sudah tersohor seantero dunia, ibu kota Brasil adalah Brasilia. Sejak 1960, pemerintah Brasil memutuskan untuk memindahkan ibu kotanya dari Rio de Janeiro ke kota yang berada di wilayah yang lebih sentral di negara yang ada di Amerika Selatan tersebut.

Selain ketujuh negara itu, beberapa negara lain juga pernah memindahkan ibu kotanya. Negara-negara itu di antaranya Pakistan dari Islamabad ke Karachi pada 1959, India dari Delhi ke New Delhi, Pantai Gading dari Abidjan ke Yamossoukro, dan Inggris dari Winchester ke London pada 1066.

Kalau menurut Millens, ibu kota Indonesia memang sebaiknya dipindah atau nggak sih? (IB09/E04)