7 Kegiatan yang Harus Kamu Hindari di Kantor

Setiap perusahaan memiliki peraturan masing-masing yang nggak boleh kamu sepelekan. Nah, biar kariermu lancar ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan.

7 Kegiatan yang Harus Kamu Hindari di Kantor
Jangan suka membicarakan teman sekantor ya. (Shutterstock)

Inibaru.id – Setiap orang memiliki hak untuk berkembang, tapi saat bekerja kamu diwajibkan untuk mentaati peraturan yang ada. Kamu juga perlu memahami peraturan nggak tertulis yang harus kamu taati. Yuk cek apa saja yang perlu dihindari saat berada di kantor!

Membedakan Pekerjaan Umum dan Sampingan

Kamu harus bisa membedakan pekerjaan utama dan sampingan. Pekerjaan sampingan sebisa mungkin kamu kerjakan di waktu luang, bukan di saat sedang bekerja di kantor. Hal ini mencegah agar kamu nggak terbebani dengan jumlah pekerjaan yang menumpuk.

Hindari Perbincangan dengan Topik Agama atau Politik

Setiap orang memiliki pendapat dan keyakinan berbeda, apalagi soal agama dan politik yang cukup sensitif. Sebagai karyawan yang profesional sebaiknya kamu menghindari topik itu. Selain membuang-buang waktu, hal kecil itu pun berdampak pada hubungan teman kerjamu.

Jangan Memancing Hal yang Bisa Merusak Konsentrasi

Setiap pekerjaan tentu membutuhkan konsentrasi penuh. Alangkah baiknya kamu jangan memancing hal yang dapat merusak konsentrasi kerja temanmu. Misalnya saat sedang menerima telpon, alangkah baiknya kamu keluar ruangan agar temanmu nggak merasa terganggu.

Demi Reputasimu, Jangan Ember

Saat kamu sedang ada masalah dengan teman kerjamu, alangkah baiknya nggak bercerita dengan orang kantor. Selain memicu masalah kerja, hal ini juga membahayakan kariermu juga reputasimu di luar perusahaan. Jangan sekali-sekali ya, Millens.

Jangan Manfaatkan Kantor untuk Usaha Sampingan

Mungkin beberapa pekerja kantor memiliki usaha sampingan termasuk kamu. Namun, alangkah baiknya nggak menggunakan properti apa pun dari kantor. Selain merugikan, hal ini juga dapat membahayakan reputasimu.

Jangan Bawa Masalah Pribadi ke Kantor

Jika kamu mengalami kesulitan dengan kehidupan pribadimu, sebaiknya jangan bercerita saat jam kerja karena hal ini dapat mengganggu teman kerjamu. Apabila teman dekatmu adalah teman kantormu juga maka kamu bisa bercerita pada saat selesai jam kantor atau saat makan siang.

Jangan Bermain Media Sosial

Sebaiknya kamu harus tanggap dengan apa yang kamu kerjakan berikutnya atau membantu pekerjaan temanmu daripada kamu main media sosial.

Nah, sudah jelas ya. Jadi, jangan sampai disemprot bos! (IB30/E05)