7 Kalimat Super Ini Bisa Bantu Orang Terkasihmu Kalahkan Depresi

7 Kalimat Super Ini Bisa Bantu Orang Terkasihmu Kalahkan Depresi
Jangan biarkan mereka larut dalam depresi. (Getty Image)

Depresi ibarat bom waktu. Seketika bisa meledak dan menghancurkan seseorang. Kamu nggak mau kan kalau orang yang kamu sayangi harus terjebak dalam depresi? Yuk, pedulikan mereka dengan kalimat-kalimat berikut ini.

Inibaru.id -  Depresi nggak bisa dipandang sebelah mata. Banyak efek buruk yang bisa ditimbulkannya. Nggak jarang, seseorang mengakhiri hidup setelah bergumul dengan depresi. Jika orang terdekatmu mengalami depresi, sudah selayaknya kamu pasang badan untuk membantunya. 

Nah, berikut ini beberapa kalimat dukungan kepada orang terkasihmu yang sedang depresi.

"Aku selalu ada kapanpun, ketika kamu membutuhkan"

Biasanya, orang yang depresi enggan mengungkapkan apa yang terjadi. Jadi, kamu mesti peka. Kamu dapat mendorongnya dengan mengatakan kamu selalu siap dan ada apabila dibutuhkan. 

"Butuh bantuan apa hari ini?"

Cobalah selalu menanyakan hal tersebut padanya. Walaupun terkesan basa-basi, tapi tawaran ini sangatlah membantu. Sebab orang depresi kadang kesulitan dalam melakukan aktivitas, bahkan mengangkat kepala dari bantal pun merupakan tindakan yang sangat berat.

Tawaran seperti membawakan makanan ataupun sekadar membuatkan minuman merupakan bantuan kecil yang berarti.

"Mau aku temani ke dokter?"

Ungkapan ini berguna untuk menyadarkan orang depresi bahwa dia berhak mendapatkan perhatian dan bantuan profesional. Sebab ini bukan hal sepele! Ini kondisi serius.

Terkadang orang yang depresi membatalkan rencananya ke dokter. Dia merasa mengambil hak dari orang depresi lainnya yang lebih berhak. Padahal, mereka sama-sama membutuhkannya.

"Jangan takut! Kamu nggak sendirian"

Orang depresi seringkali merasa dunia ini menjadi gelap dan sungguh kesepian. Nggak mengherankan lagi kalau dia sering murung dan mengisolasi diri. Tapi di balik keputusan untuk mengisolasi diri, sebenarnya mereka juga nggak ingin menghadapi semua kemelut itu sendirian.

Berilah penawaran dengan kalimat bahwa masih ada kamu, masih ada keluarga, dan masih banyak teman yang lain. Ini akan menyadarkannya bahwa dia nggak sendirian di dunia ini.

"Kamu sangatlah penting bagiku"

Sekarang depresi sering menganggap bahwa hidupnya lebih rendah dan buruk dibanding orang lain. Dia merasa orang lain hanya melihat keburukannya ketimbang keunggulan yang mereka miliki.

Mengucapkan kalimat bahwa dia adalah yang terpenting bagi hidupmu, dan mengungkapkan kelebihannya dapat membantu mengusir pikiran negatif dalam benaknya.

"Kamu butuh pelukan, sini aku peluk"

Pelukan dapat mewakili jutaan kata bahkan lebih bermakna ketimbang perkataan itu sendiri. Pelukan menjadi sangat bermakna, ketika seseorang menghadapi begitu banyak masalah hingga sulit mengatakan inti masalah yang dia hadapi.

Gimana, Millens? Kamu siap membantu orang-orang tercinta melewati masa-masa tersulit? (MG20/E05)