7 Aplikasi Penunjang Aktivitas untuk Kerja dari Rumah

7 Aplikasi Penunjang Aktivitas untuk Kerja dari Rumah
Ilustrasi bekerja dari rumah. (Trendencias.com)

Kini, banyak perusahaan yang menerapkan sistem kerja dari rumah (work from home) untuk mencegah penyebaran virus corona. Mau tak mau, para pekerja harus terbiasa dengan hal ini. Untuk memudahkanmu untuk bekerja dari rumah, berikut adalah  7 aplikasi yang bisa kamu pakai.

Inibaru.id - Jumlah pasien positif corona di Indonesia semakin meningkat membuat pemerintah mengimbau kepada seluruh perusahaan di Indonesia untuk menerapkan physical distancing. Hal ini dilakukan dengan mengurangi aktivitas di luar rumah dan berinteraksi dengan orang lain guna memperlambat penyebaran virus corona.

Salah satu upaya untuk menerapkan physical disctancing adalah kebijakan WFH atau Work From Home. Eits jangan panik! Berikut 7 aplikasi yang bisa memudahkanmu untuk bekerja dari rumah.

Google Classroom

Ilustrasi Google Classroom. (Play.google)
Ilustrasi Google Classroom. (Play.google)

Perusahaan Google terus mengeluarkan inovasi terbarunya dalam bidang teknologi, salah satunya adalah Google Classroom. Berbagai fitur dalam Google Classrom memudahkan guru dan murid agar tetap terhubung meski kegiatan belajar dilakukan dari rumah.

Cara masuk dalam suatu pembelajarannya pun mudah, yakni hanya dengan menggunakan kode. Selain itu, Google Classrom juga dapat mengundang asisten pengajar ke dalam kelas lo, Millens.

Zoom

Aplikasi zoom. (1bp)
Aplikasi zoom. (1bp)

Jika pekerjaanmu mengharuskanmu untuk bertatap muka atau melakukan konferensi video, aplikasi Zoom sangat direkomendasikan. Selain bisa digunakan untuk konferensi video, Zoom juga bisa kamu gunakan untuk mengirim pesan teks, audio, foto, dan video lo. Agar lebih maksimal, gunakan tablet atau desktop untuk menggunakan aplikasi ini ya, Millens!

Hangouts Meet

Hangouts Meet. (Spiderman)
Hangouts Meet. (Spiderman)

Aplikasi lain yang bisa membantumu melakukan work from home adalah Hangouts Meet. Aplikasi keluaran Google ini juga bisa digunakan untuk video conference, rapat, kelas pelatihan jarak jauh, serta video call. Hangouts Meet juga bisa kamu manfaatkan untuk video call person to person atau grup lo, Millens.

Discord

Aplikasi discord. (Ubergizmo)
Aplikasi discord. (Ubergizmo)

Bagi gamers, aplikasi Discord mungkin sudah tak asing lagi. Kebanyakan dari mereka menggunakan aplikasi ini untuk mempermudah komunikasi mereka saat bermain gim.

Namun, Discord juga bisa menjadi pilihanmu saat WFH lo, Millens! Dengan fiturnya yang beragam seperti pesan teks, panggilan suara, dan juga panggilan video, Discord bisa kamu pertimbangkan.

Microsoft Teams

Microsoft Teams. (Wincamp)
Microsoft Teams. (Wincamp)

Sudah banyak digunakan oleh perusahan, kini Microsoft memiliki aplikasi bernama Microsoft Teams. Dilengkapi dengan berbagai fitur seperti pesan instan, panggilan suara dan video, pengiriman dokumen dan lain-lain, Microsoft Teams mempermudah para karyawan untuk bekerja dari rumah.

Skype for Business

Skype for Business. (Skype)
Skype for Business. (Skype)

Sudah mewarnai dunia teknologi sejak lama, kini Skype meluncurkan Skype for Business untuk keperluan bisnis. Memiliki konsep sama seperti Zoom, Skype bisa digunakan untuk melakukan konferensi video hingga 250 orang. Skype for Business juga memiliki beberapa fitur yakni pesan singkat, panggilan video, dan transfer dokumen.

Slack

Slack. (PCMag)
Slack. (PCMag)

Slack memiliki kesamaan dengan Whatsapp, yakni aplikasi chat untuk berkomunikasi. Namun fituir yang dimiliki oleh Slack lebih multifungsi lo. Selain buat chatting, Slack bisa kamu gunakan untuk membagikan pekerjaan, dokumen, dan juga teleconferensi. Slack bisa kamu akses melalui desktop dan ponsel.

Buatmu yang tengah bekerja dari rumah, aplikasi mana yang jadi andalanmu, Millens? (IB24/E06)