7 Alasan Kamu Sering Kedinginan

7 Alasan Kamu Sering Kedinginan
Hati-hati, kedinginan bukan hal sepele! (kepo.me)

Kedinginan memang hal yang wajar, tapi kamu harus tetap memperhatikan kesehatan karena ini bukan hal sepele!

Inibaru.id – Beberapa orang sering merasa kedinginan padahal teman-teman di sekitarnya baik-baik saja. Nah, jika kamu kedinginan tanpa alasan, bisa jadi tubuhmu sedang memberikan sinyal buruk pada kesehatanmu. Yuk, alasan mengapa kamu mudah kedinginan!

Tubuhmu Terlalu Krempeng

Wajar saja kamu mudah kedinginan jika berat badanmu di bawah angka ideal. Jika tubuh terlalu kurus, itu berarti kamu nggak punya cukup lemak buat menjaga temperatur dari hawa dingin. Nggak hanya itu, kurang asupan kalori juga dapat membuat metabolisme melambat. Nah, sehingga temperatur tubuh nggak berjalan secara efisien.

Berat Badan yang Turun Secara Drastis

Berkurangnya jumlah lemak dalam tubuh juga dapat membuatmu sensitif dengan hawa dingin. Ini biasa terjadi pada kamu yang sedang menjalankan program diet atau mengalami gangguan makan yang menyebabkan penurunan berat badan.

Kurangnya Waktu Tidur

Menurut Nasional Sleep Foundation, tidur sangat penting untuk menjaga kestabilan temperatur tubuh. Karena kurang tidur dapat mengacau ritme sirkadian yang mengatur metabolisme, hormon, dan temperatur tubuh yang terjadi selama 24 jam.

Tidur yang cukup ya, biar nggak kehilangan kehangatan.

Kurang Mengkonsumsi Air

Selain menjaga tubuhmu tetap dingin di hawa panas, minum air juga menjaga tubuhmu dari hawa dingin. Tenyata dehidrasi membuat metabolisme melambat dan membuat tubuh kehilangan kehangatan.

Kurang Asupan Vitamin B12

Vitamin B12 sangat penting bagi tubuh untuk memproduksi sel darah merah yang bertugas mengantar oksigen ke seluruh tubuh. Jika kamu kekurangan vitamin B12 itu berarti oksigen nggak bersirkulasi secara merata dan menyebabkan kamu kedinginan.

Kurangnya Massa Otot Pada Tubuhmu

Nggak hanya lemak, otot juga membantu untuk menjaga tubuh dari hawa dingin. Banyaklah mengkonsumsi kalori dan nutrisi, aktif bergerak, dan rajin berolahraga agar tubuhmu lebih mudah melawan hawa dingin.

Mungkin Itu Penyakit

Sering merasa kedinginan bisa menjadi salah satu gejala dari beberapa penyakit tertentu. Misalnya penyakit hipotiroidisme yang terjadi ketika kelenjar tiroid nggak menghasilkan jumlah hormon yang cukup sehingga memperlambat metabolisme. Penyakit diabetes juga perlu diwaspadai, sebab penyakit ini mengganggu sirkulasi darah yang membuat oksigen nggak bisa bersirkulasi dengan normal.

Selain itu, anemia, sindrom Raynaud yang disebabkan oleh berkurangnya darah, dan atherosclerosis yang menjadi penyebab pembuluh darah arteri menyempit dan mengeras akibat timbunan plak juga perlu diwaspadai. Bisa jadi gangguan tersebut adalah alasan kamu sering kedinginan.

Tetap hidup sehat dan rutin memeriksakan diri ke dokter. Terkadang hal sepele seperti kedinginan bisa menjadi awal dari suatu penyakit yang serius. (IB30/E05)