7 Alasan Cerdas dan Sopan Buat Nolak Ajakan Buka Puasa

7 Alasan Cerdas dan Sopan Buat Nolak Ajakan Buka Puasa
Nolak undangan buka puasa nggak perlu bertele-tele. (anakkos.net)

Ramadan begitu identik dengan ajakan buka puasa dari teman. Terus sudah berapa undangan buka puasa yang kamu terima? Lalu bagaimana jika kamu nggak sreg sama mereka? Tentunya kamu butuh alasan yang meyakinkan tapi tetep sopan dong. Berikut alasan yang bisa kamu gunakan.

Inibaru.id - Ramadan biasanya identik dengan ajakan bukber atau buka bersama dari teman dengan embel-embel reuni atau temu kangen. Tapi sebenarnya adalah untuk seru-seruan aja yang bikin kantong kamu bolong. Apalagi buat kamu yang masih sekolah. Nggak banyak orang yang nyaman dengan acara bukber, sehingga menghindar adalah pilihannya. Berikut adalah 7 alasan santun yang bisa kamu pakai buat nolak ajakan bukber.
 
Ingin Habiskan Waktu Bareng Keluarga
 
Keluarga adalah tempat ternyaman. (haibunda)
 
Buat anak rantau yang mau mudik ke kampung halaman, pasti bakal banyak ajakan bukber dari teman-teman di rumah. Yups, alasan yang paling pas karena kamu jarang di rumah maka kamu akan menghabiskan momen buka bersama bareng keluarga. Selain melepas rindu, kamu juga bisa lebih hemat karena nggak ngeluarin duit buat buka puasa di luar.
 
Ingin Menghindari Dosa Ghibah
 
Kumpul bareng teman lama memang asik. (ngayap)
 
Kalau udah lama nggak kumpul bareng teman lama otomatis pas ketemu bakal ngomongin orang-orang lama yang nggak ikut kumpul. Nah, kamu bisa pakai alasan buat nggak mau ghibahin orang, karena selain dosa, juga bakal timbul fitnah antar teman.
 
Males Ketemu Macet
 
Macet adalah hal yang paling bikin males. (mediaindonesia)
 
Menjelang berbuka puasa apalagi weekend pasti di setiap jalan bakal macet akibatnya banyak orang memilih berbuka di rumah dengan alasan malas atau capek. Kamu bisa manfaatin momen macet ini buat nolak ajakan bukber.
 
Lokasi yang Terlalu Jauh
 
Meski hanya duduk, sebenarnya nyetir mobil juga melelahkan. (superpolishpremium)
 
Dengan lokasi yang cukup jauh dan waktu buka puasa yang begitu singkat bakal nggak efisien buat kamu di acara tersebut. Hal ini bisa kamu jadikan alasan buat nggak ikut bukber, apalagi kalau kamu masih ogah ketemu mantan sama pacarnya.
 
Banyak Ajakan Buka Puasa

Kalender penuh dengan jadwal bukber. (Photo-Calender-Software)

Biasanya orang akan dapat ajakan bukber lebih dari satu. Nah, alasan ini bisa kamu jadikan tameng untuk nggak ikutan kalau ada tawaran lagi.
 
Pengen Istirahat di Rumah
 
 
Nggak ada yang lebih enak dari bermalas-malasan di waktu libur kerja. (blog.iodonna.it)
 
Bekerja dari Senin-Jumat tentu bikin kamu lelah, dan weekend adalah waktu yang pas buat malas-malasan. Badmood nggak sih kalau tiba-tiba ada yang ngajak bukber tapi maksa, apalagi nggak begitu akrab. Kamu berhak kok menolak dengan alasan mager dan pengen istirahat di rumah.
 
Lagi Bokek
 
Dompet bokek bisa jadi alasan nolak ajakan bukber. (ekonomi.kompas.com)
 
Bukber bareng teman memang asik tapi gimana kalau budget lagi nipis. Daripada bingung mencari alasan buat nolak, mending kamu jujur kalau lagi nggak punya duit. Dengan begini teman-teman kamu bakal paham, atau mungkin kamu dibayari di acara buka bersama tersebut.
 
Buat Millens yang nggak nyaman dengan teman-teman atau lagi malas kumpul, tapi bingung mau alasan apa bisa nih coba pakai salah satu alasan itu. Selamat mencoba, Millens! (IB30/E05)