6 Tanda Toxic Worker yang Mungkin Ada di Sekitarmu!

Sering diajak bergunjing rekan kerja di kantor atau sedang bekerjasama dengan pegawai yang bermuka dua? Bilang iya di hadapan bos tapi mengeluh di belakang. Wah, hati-hati ya pada pegawai beracun seperti ini.

6 Tanda <em>Toxic Worker</em> yang Mungkin Ada di Sekitarmu!
Jangan salah memilih teman di lingkungan kerja! (Monster.com)

Inibaru.id – Meski awalnya bisa dibilang biasa saja dan nggak begitu berpengaruh, para toxic worker ini lama-lama akan membawa dampak buruk bagi pegawai lain. Efek negatif yang mungkin timbul adalah menurunnya produktivitas hingga hengkangnya para pegawai potensial dari kantor. Nah, kira-kira apa saja sih ciri dari toxic worker ini? Yuk simak penjelasannya!

1. Suka Bergosip

Yap, untuk tanda yang satu ini pasti sering dijumpai. Dia nggak akan segan menggosipkan pegawai lain. Bukan nggak mungkin saat kamu sedang nggak ada, dia juga akan menjadikanmu bahan gosip. Perilaku ini nggak bisa dianggap sepele karena dapat mengakibatkan fitnah.

2. Egois

Para pekerja beracun ini dikenal egois. Dia bakalan banyak dalih untuk nggak menyelesaikan tugas kelompok dan melimpahkan pada anggota lainnya. Padahal di hadapan bos dia bilang "siap".

3. Terlalu Percaya Diri

Percaya diri itu harus, tapi jangan kebablasan ya, Millens! Orang-orang yang termasuk toxic worker ini biasanya memiliki tingkat kepercayaan diri tinggi yang biasanya berujung riya atau sombong. Duh..duh!

4. Banyak Mengeluh

Nggak hanya secara langsung, para toxic worker ini juga sering menunjukkan keluhannya di sosial media. Yap, terkadang orang seperti ini sering mendramatisir keadaan dan mengeluhkan hal yang sebenarnya bukan masalah besar.

5. Produktif, Tapi Hasil Pekerjaannya di Bawah Standar

Toxic worker ini bisa dibilang produktif. Mereka bakal dengan cepat menyelesaikan pekerjaan. Tapi sayangnya, hasil pekerjaannya kurang maksimal. Bahkan, bisa dikategorikan di bawah standard karena mereka hanya mengejar kuantitas, bukan kualitas.

6. Anggap Remeh Regulasi dan Nggak Merasa Bersalah Ketika Melanggar

Nah, untuk tanda yang satu ini biasanya dimiliki oleh orang-orang yang pandai berkelit. Mereka cenderung abai dengan regulasi dan merasa nggak bersalah ketika melanggar aturan yang berlaku. Kalaupun mereka tahu yang dilakukannya merupakan kesalahan, mereka akan menganggapnya nggak terlalu fatal.

So, buat kamu yang sudah bekerja, pandai-pandailah memilih lingkungan kerja ya, Millens! Yang nggak kalah penting, jangan jadi toxic worker. Setuju? (IB23/E05)