6 Musikus Indonesia yang Lebih Terkenal di Luar Negeri

6 Musikus Indonesia yang Lebih Terkenal di Luar Negeri
Joey Alexander, pianis Indonesia muda yang mendapat piala Grammy. (Dok. Komunitas Salihara)

Pasar luar negeri konon menjadi medan yang sulit ditembus oleh para seniman. Namun beberapa musikus asal Indonesia ini mampu menunjukkan karya terbaik mereka dan diakui di dunia internasional.

Inibaru.id – Indonesia punya orang-orang berbakat dan telah menorehkan prestasi cemerlang di jagat musik. Karya mereka nggak hanya diakui di dalam negeri saja, tapi juga di luar negeri. Nah, berikut ini daftar musisi Indonesia yang justru namanya lebih berkibar di luar negeri.

Anggun Cipta Sasmi

Anggun yang kondang di Prancis. (Facebook/Anggun Cipta Sasmi)<br>
Anggun yang kondang di Prancis. (Facebook/Anggun Cipta Sasmi)

Anggun mengawali karier di dunia internasional sejak 1994. Dia berangkat ke Eropa dan mengejar mimpi jadi penyanyi kondang. Di Prancis, nama Anggun menjadi musikus yang dielu-elukan banyak orang. Karyanya meliputi enam lagu studio album berbahasa Prancis dan lima album studio berbahasa Inggris. Segudang prestasi juga telah dikantonginya, seperti platinum dan penjualan album tertinggi.

Mocca

Mocca banyak penggemar di Korea. (Dok. Lucky Music)<br>
Mocca banyak penggemar di Korea. (Dok. Lucky Music)

Album My Diary yang menjadi debut Mocca pada 2003 langsung membuat band yang terdiri dari Arina, Toma, Riko, dan Indra ini langsung digemari. Ciri yang dihadirkan Mocca salah satunya penggunaan lirik sederhana yang easy listening. Mereka telah menggelar konser di Singapura, hingga tembus pula di pasar Korea dan mendapat banyak fans di negeri gingseng itu.

Joey Alexander

Joey Alexander, pianis dengan genre jazz. (EPA)<br>
Joey Alexander, pianis dengan genre jazz. (EPA)

Pianis muda ini mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia berkat menang dan menjadi sorotan di ajang-ajang internasional. Dia pernah menjuarai Grand Prix dalam Master-Jam Festival (2013) serta menjadi musikus pertama yang karyanya masuk dalam Billboard 200 chart. Joey pernah mendapat 3 piala Grammy pula berkat ketekunannya menggeluti jazz.

Rich Brian

Rich Brian, rapper yang terkenal di Amerika Serikat. (Brooklynvegan)<br>
Rich Brian, rapper yang terkenal di Amerika Serikat. (Brooklynvegan)

Rich Brian sukses di dunia rap berkat bakatnya yang nggak diragukan. Lagu-lagu besutan  rapper bernama asli Brian Imanuel ini menjadi karya yang popular di Amerika Serikat. Dia juga aktif  di media sosial seperti di Twitter, Instagram, dan Youtube dengan tingkah-tingkah yang unik.

The S.I.G.I.T

The S.I.G.I.T merambah pasar Australia. (Ffwdrecords)<br>
The S.I.G.I.T merambah pasar Australia. (Ffwdrecords)

Jalur indie dipilih oleh band asal Bandung bernama The S.I.G.I.T. Bergenre rock, karya mereka mampu tembus hingga ke Australia dan Amerika Serikat. Mereka juga banyak menggelar konser di luar negeri seperti di festival-festival di Amerika Serikat dan rangkaian tur di Australia. Band yang digawangi oleh Rekti, Acil, Adit, dan Farri ini memang terbukti mampu menghasilkan karya berkualitas.

Siapa musikus favoritmu nih, Millens(MG26/E06)