6 Jenis Bunga yang Nggak Cocok Jadi Kado Valentine

6 Jenis Bunga yang Nggak Cocok Jadi Kado Valentine
Jangan asal memilih bunga sebagai kado Valentine ya. (Inibaru.id/ Audrian F)

Bunga dan Valentine menjadi dua hal yang nggak terpisahkan. Tapi, kamu perlu berhati-hati jika memilih jenis-jenis bunga ini sebagai kado Valentine. Pasalnya, ada yang punya makna sangat bertolak belakang dengan kasih sayang.

Inibaru.id – Hari Valentine sudah di ujung mata nih, Millens. Sudah beli kado belum buat orang-orang tercinta? Kalau bingung mau kasih apa, bunga mungkin bisa kamu pertimbangkan. Say love with flower kata orang Barat.

Tapi kalau kamu berencana memberikan bunga untuk orang tercinta, jangan asal pilih ya. Pasalnya, ada beberapa bunga yang sebaiknya nggak kamu berikan. Maklum, setiap bunga memiliki makna yang bisa saja bertolak belakang. Ya, meskipun hal ini kerap nggak disadari sih.

Penasaran, apa saja bunga yang sebaiknya kamu skip buat orang-orang tercinta di Hari Valentine?

1. Bunga warna putih

Bunga warna putih kayaknya cocok ya di segala suasana. Tapi, bunga berwarna putih nggak bikin orang deg-degan lo. Padahal, reaksi berdebar ini yang mungkin kamu harapkan dari si dia.

Kalau pengin menyebarkan pesan cinta, maka sebaiknya kamu pilih warna yang lebih intens dan melambangkan gairah, Millens. Kalau bosan dengan warna merah, bunga berwarna oranye atau merah muda bisa kamu pilih.

2. Anyelir

Konon, Diana menumpahkan kesialannya sehingga mencabut mata penggembala yang nggak bersalah sehingga muncullah bunga ini. (Freepik/AREZFR33FIK)
Konon, Diana menumpahkan kesialannya sehingga mencabut mata penggembala yang nggak bersalah sehingga muncullah bunga ini. (Freepik/AREZFR33FIK)

Anyelir sebenarnya tersedia dalam berbagai warna tapi bunga ini nggak disarankan menjadi kado Valentine. Alasannya, bunga ini sama sekali nggak romantis. Jadi, anggapan ini muncul karena sebuah mitos.

Bunga yang bernama ilmiah Dianthus caryophyllus ini diyakini oleh sebagian orang sebagai korban Dewi Diana berdasarkan mitologi Yunani. Konon, ketika Sang Dewi sedang berburu, ia gagal karena mendengar seorang penggembala memainkan seruling sehingga membuat target buruannya kabur.

Diana murka, menyerang gembala malang tersebut dan mencabut matanya. Sadar bahwa ia bertindak terlalu jauh, Diana menyesal. Ketika mata penggembala jatuh, bunga anyelir merah tumbuh sebagai tanda darah dari orang nggak bersalah. Duh, kelam banget ya masa lalu bunga cantik ini?

3. Lavender

Setuju nggak sih kalau lavender itu cantik dan harum. Bunga ini bahkan bisa membantu seseorang untuk bisa rileks. Terlebih buat kamu yang demen banget sama warna ungu, bunga ini pasti langsung terlintas di pikiran.

Etapi, pasanganmu mungkin bakal sedikit tersinggung jika kamu memberikannya banyak bunga lavender. Sebabnya, lavender menyampaikan pesan ketidakpercayaan.

Meski begitu, nggak semua orang tahu mengenai makna tersebut dan adanya kepercayaan tersebut berasal dari era Victoria. Kalau sekarang sih dianggap sebagai lambang kemurnian dan ketenangan. Jadi, pastikan dulu orang yang mau kamu beri bunga suka bunga ini apa nggak ya?

4. Baby's breath

Banyak yang nggak menyadari aroma baby's breath nggak sedap. (Unsplash/SUHYEON CHOI)
Banyak yang nggak menyadari aroma baby's breath nggak sedap. (Unsplash/SUHYEON CHOI)

Banyak yang beranggapan bunga ini cocok disandingkan dengan bunga mawar. Nggak heran kalau baby’s breath juga ikutan populer saat Valentine. Tapi sebaiknya kamu pikir ulang deh kalau mau mengikutkan bunga ini dalam buket bungamu. Pasalnya, aroma bunga ini nggak sedap.

5. Lili oranye

Bunga lili memang nggak pernah gagak memanjakan mata. Namun, kalau kamu pengin memberikan bunga ini untuk orang terkasih, mungkin perlu dipikirkan lagi deh. Dalam bahasa Victoria, bunga lili oranye melambangkan kebencian. Jadi, pilih bunga yang lain saja ya.

6. Mawar kuning

Cerah dan ceria, itulah kesan ketika melihat mawar kuning. Tapi, kalau kamu sangat perhatian terhadap nilai sejarah, sebaiknya hindari bunga ini.

Di era Victoria, mawar kuning melambangkan kecemburua, Millens. Jelas, itu bukan pesan yang pengin kamu sampaikan buat doi kan?

O ya, bunga-bunga berwarna cerah sebenarnya melambangkan persahabatan, kegembiraan, dan kepedulian. Tapi kan kemudian muncul pertanyaan, selama ini kamu menganggap dia cuma sebatas teman?

Tips Memilih bunga

Masih bingung mau pilih bunga yang bagaimana untuk Hari Valentine? Yuk, simak tips berikut ini:

1. Kunjungi toko bunga terbaik. Minta pada penjual bunga untuk menyiapkan buket dengan kombinasi bunga terbaik. Pastikan mereka hanya menggunakan bunga yang masih segar.

2. Jika pilihanmu jatuh pada mawar, pilih yang batangnya pendek. FYI, bunga mawar dengan batang pendek bakal lebih mudah terhidrasi sehingga terlihat lebih segar dan lebih awet. Umurnya bisa mencapai enam bulan, lo.

3. Kalau ragu dengan jenis bunga kesukaan pasanganmu atau nggak paham makna setiap bunga, pilihlah buket berisi lima atau enam macam bunga.

Dengan begini, ada kemungkinan pasanganmu bakal suka pada salah satunya atau bisa jadi semuanya. Jadi, sudah menentukan mau beli bunga jenis apa buat kado Valentine, Millens? (Nov/IB21/E07)